BERITAJABAR JUARA

Terbaik Pola Pembiayaan Kemitraan, Jabar Raih TPAKD Award 2021

Jakarta, 16 Desember 2021 — Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Pemerintah dan Industri Jasa Keuangan terus berupaya meningkatkan akses keuangan masyarakat yang diyakini bisa mendorong pemulihan ekonomi nasional dan tingkat kesejahteraan masyarakat. Demikian disampaikan Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso, dalam Rakornas Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) 2021 yang digelar secara hybrid di Jakarta, Kamis (16/12/2021)

“Masih terdapat kesenjangan inklusi keuangan di wilayah perkotaan dan perdesaan, yaitu sebesar 83% dan 68%. Atas dasar hal tersebut, percepatan akses keuangan di daerah menjadi sangat penting dan perlu diperhatikan agar dapat menjangkau ke seluruh daerah,” kata Wimboh.

Baca Juga   Shell Naikkan Tarif BBM, Pertamina Kapan?

Menurut Wimboh, keberadaan TPAKD juga sangat penting dalam menyerap program-program yang dikeluarkan Pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi seperti program KUR untuk mendorong kemajuan UMKM. “OJK terus mendorong penyaluran KUR ini. Kemarin kami telah bertemu dengan pimpinan perbankan membahas agar target KUR tahun ini Rp285 triliun bisa tercapai. Dan saya yakin sampai akhir tahun angka itu bisa tercapai,” katanya.

Sementara itu, Kepala OJK Kantor Regional 2 Jawa Barat, Indarto Budiwotono mengatakan, melalui pola kemitraan yang dikembangkan OJK dapat mempertemukan pelaku UMKM dan para pengusaha kecil dengan industri Jasa keuangan. Sehingga para pelaku ekonomi di sektor mikro ini dapat akses keuangan dengan mudah dan legal.

Baca Juga   Vaksinasi Untuk Pelaku Industri Jasa Keuangan Jawa Barat, Berikut Jadwal dan Tempat Vaksninasinya

“Kami sedang memberdayakan beberapa inovasi terutama dengan pola kemitraan yang kami sebut ‘bussines matching’. Kami pertemukan antara UMKM pengusaha kecil dengan industri jasa keuangan sehingga UMKM bisa memperoleh akses keuangan yang baik sehingga bisa tumbuh ekonomi dan tumbuh usahanya dengan baik,” katanya.

Ia pun menyebut TPAKD Jabar dikoordinasi dengan baik oleh Pemda Provinsi Jabar, pemda kabupaten/kota, serta lembaga dan industri keuangan lain. Dengan begitu perekonomian Jabar diharapkan semakin semakin membaik seiring kurva pandemi yang melandai. Sehingga TPAKD sesuai dengan tujuannya dapat meningkatkan akses keuangan di seluruh daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga   Kini Kondisi Air Cemar Ringan, Ikan Bisa Hidup, Orang Bisa Berenang

Dalam Rakornas TPAKD 2021 ini, diserahkan pula TPAKD Awards 2021 kepada lima TPAKD tingkat provinsi dan tujuh TPAKD tingkat kabupaten/kota yang dinilai telah berhasil mengimplementasikan program perluasan akses keuangan di daerah. Provinsi Jawa Barat masuk sebagai Provinsi TErbaik dalam implementasi pembiayaan melalui pola kemitraan.

(ALN)

Related Articles

Close