BERITAJABAR JUARA

Ridwan Kamil Semangati ASN Pemkot Bandung

Naik Sepeda ke Balai Kota Kenang Kebersamaan Bersama Mang Oded

KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memulai aktivitasnya dengan mendatangi Balai Kota Bandung. Tujuannya memberikan arahan kepada para aparatur sipil negara di Pemerintah Kota Bandung yang baru saja kehilangan Wali Kota Oded M Danial yang meninggal dunia.

Saat menuju Balai Kota Bandung, Ridwan Kamil menggunakan setelan kemeja putih, celana, sepatu dan jas berwarna cokelat lengkap dengan kopiah warna hitamnya. Alih-alih menggunakan kendaraan dinas, Ridwan Kamil justru memilih pergi menuju Balai Kota Bandung dengan menggowes sepedanya.

Roman bahagia terlihat begitu sampai di kantor lamanya sebagai Wali Kota Bandung dulu didampingi bersama Oded M Danial. Gubernur disambut Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota sekaligus Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana. Membuka pengarahannya, Ridwan Kamil mengucapkan belasungkawa sekaligus memberi semangat kepada para ASN Kota Bandung.

Baca Juga   Erupsi Gunung Semeru, Ini Daftar Letusan Dahsyatnya Sejak 200 Tahun Lalu

“Tugas saya sebagai pembina itu harus menyemangati birkorasi yang sedang patah kehilangan sosok pemimpinnya. Dulu saya melakukan juga di Kabupaten Bekasi pada saat birokrasi dan masyarakatnya kehilangan Bupati Bekasi. Sekarang juga sama masyarakat birokrasinya kehilangan Mang Oded,” ujar Ridwan Kamil di Balai Kota Bandung, Senin (13/12/2021).

Menurut Ridwan Kamil, dirinya bersama Mang Oded memiliki kedekatan emosional. Bagaimana tidak sekitar enam tahun lamanya bersama-sama berjuang untuk memajukan Kota Bandung.

“Apalagi Mang Oded dengan saya enam tahun dari setahun perjuangan bersama, lima tahun di Wali Kota sangat kehilangan lahir batin. Saya masih bertemu hari Kamisnya di acara KPK, jadi pertemuan saya dengan Mang Oded itu jam 11 pagi di hari Kamis, 24 jam kemudian terpisahkan oleh kejadian,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Baca Juga   GERHANA BULAN TERLAMA AKAN TERJADI DI LANGIT INDONESIA

Selain itu, Ridwan Kamil juga meminta kepada seluruh ASN di Kota Bandung untuk meneladani sosok Mang Oded. Caranya adalah dengan melanjutkan program dari Mang Oded yang sudah dan belum terlaksana. Meskipun sedang berduka, Ridwan Kamil meminta agar pelayanan publik tetap berjalan lancar.

“Pelayanan publik jangan terputus, tunjukkan ke warga bahwa birokrasi binaan Mang Oded luar biasa dalam melayani. Itu yang sebenarnya Mang Oded harapkan,” kata Ridwan Kamil.

Terkait dengan pengganti Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil telah mengirimkan salinan radiogram yang berasal dari Kementerian Dalam Negeri. Dalam radiogram tersebut memerintahkan Gubernur untuk memberi tahu Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana sebagai pelaksana tugas Wali Kota Bandung sampai dilantiknya walikota definitif.

Baca Juga   Awan Panas Guguran Semeru Mencapai 1,7 KM dari Puncak Mahameru

“Dan kemudian saya sudah mengeluarkan radiogram pemberitahuan kepada Wakil Walikota Bandung, untuk melaksanakan tugas tersebut. Radiogram tersebut ditembuskan ke DPRD Kota Bandung.

Ia menjelaskan, proses selanjutnya adalah rapat paripurna DPRD utk usulan penetapan pemberhentian Oded M Danial sebagai Wali Kota Bandung karena meninggal dunia ke Kemdagri. Kemudian setelah ada Kepmendagri pemberhentian, diadakan paripurna pengusulan Wakil Wali Kota Yana Mulyana sebagai Wali Kota Bandung definitif, dan pemberhentian Yana Mulyana sebagai Wakil Wali Kota.

(RLS)

Related Articles

Close