BERITA

Hujan Gol ke Gawang Malaysia, Garuda Muda Lolos ke Semifinal

Kallang (Singapore) – Tim Nasional (Timnas) Indonesia berhasil menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 usai mampu mempermalukan Malaysia 4-1 di pertandingan pamungkas fase grup yang berakhir pada Minggu (19/12/2021) malam WIB. Empat gol kemenangan skuad Garuda yakni oleh Irfan Jaya mempersembahkan dua gol, Pratam Arhan, dan Elkan Baggott yang berhasil mencetak gol perdana untuk Timnas Garuda Muda Indonesia.

Timnas Indonesia sendiri berhasil menjadi juara Grup B Piala AFF 2020 karena di laga lainnya Vietnam hanya mampu menang 4-0 atas Kamboja. Meski sama-sama mengoleksi 10 poin, Timnas Indonesia unggul dalam hal produktivitas gol. Dengan begitu, Timnas Indonesia akan berjumpa Singapura di semifinal Piala AFF 2020.

Sementara Vietnam akan menantang Thailand untuk bisa melaju ke partai puncak kompetisi sepakbola terbesar di Asia Tenggara tersebut. Jalannya Pertandingan Babak Pertama laga penentuan Pasukan Garuda memang telah melakoninya di National Stadium Singapura agar bisa melaju ke semifinal Piala AFF 2020. Pada laga krusial itu Timnas Indonesia tertinggal lebih dulu di menit 13 lewat gol dari Kogileswaran Raj.

Baca Juga   Libur Lebaran, Peserta JKN-KIS tetap dapat fasiltas Pelayanan Kesehatan

Untungnya Irfan Jaya hadir sebagai penyelamat karena mampu menyamakan kedudukan lewat golnya di menit 36. Tak hanya itu saja, Irfan justru mampu membalikkan keadaan lewat gol keduanya pada menit ke-43.

Penampilan apik Irfan Jaya memang membuat lini pertahanan Malaysia kalang kabut. Irfan memperlihatkan dirinya bahwa ia memang salah satu pemain yang patut diwaspadai.

Skor 2-1 itu pun bertahan hingga babak pertama berakhir. Sementara itu, pada laga lainnya yang mempertemukan Vietnam kontra Kamboja, The Golden Star –julukan Timnas Vietnam– sanggup menutup babak pertama dengan skor 2-0.

Baca Juga   Pastikan Kehandalan Penerapan K3, ASTRA Tol Cipali Gelar Simulasi Tanggap Darurat

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Malaysia memasukkan bek baru, yakni Dominic Tan untuk menjaga lini belakang mereka. Sementara Timnas Indonesia juga melakukan hal yang sama karena menarik Ramaai Rumakiek dan memasukkan Elkan Baggott.

Kendati begitu, nyatanya Timnas Indonesia masih mendominasi jalannya laga dan terus menggempur pertahanan Harimau Malaya. Usaha demi usaha telah dilakukan. Akhirnya penantian gol pun baru datang pada menit 50 lewat aksi Pratama Arhan. Pratama mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan dari Irfan Jaya.

Unggul 3-1 tak membuat Timnas Indonesia merasa puas. Terus melakukan serangan dan skor pun bertambah di menit ke-82. Adalah Elkan Baggott yang berhasil menyempurnakan kemenangan Timnas Indonesia menjadi 4-1. Baggott sukses menyundul umpan sepak pojok dari Evan Dimas yang baru masuk pada pertengahan babak kedua.

Baca Juga   Tinjau Sodetan Cisangkuy, Ridwan Kamil Pastikan Luasan Banjir Berkurang

Skor 4-1 itu pun bertahan hingga laga berakhir. Timnas Indonesia berhak lolos ke semifinal Piala AFF 2020 dengan status juara Grup B.

Berikut Susunan Pemain

Timnas Indonesia (4-4-2): Nadeo Arga Winata, Ezra Walian, Witan Sulaiman, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Asnawi Mangkualam, Ricky Kambuaya, Fachruddin, Ramai Rumakiek, Irfan Jaya, Alfeandra Dewangga. Pelatih: Shin Tae-yong

Timnas Malaysia (4-3-3): Khairul Fahmi, Dion Cools, Muhammad Syahmi, Putera Nadher, Baddrol Bin Bachtiar, Safawi Rasid, Aiman Hanapi, Kogileswaran RAJ, Rizak Ghazali, Syafiq Ahmad, Faisal Halim. Pelatih: Tan Cheng Hoe

(RNR – https://bola.okezone.com)

Related Articles

Close