BERITA

Erupsi Gunung Semeru, Ini Daftar Letusan Dahsyatnya Sejak 200 Tahun Lalu

Jakarta, Erupsi Gunung Semeru,Ā  Lumajang, Jawa Timur terjadi pada Sabtu sore (4/12/2021). Gunung Semeru berketinggian 3.676 mdpl ini bertipe vulkanian dan strombolian. Vulkanian merupakan tipe letusan gunung berapi yang melontarkan material dari dalam magma dan juga bongkahan-bongkahan batu di sekitar kawah. Sedangkan strombolian adalah tipe letusan gunungapi berenergi rendah.

Berikut beberapa letusan dahsyat Gunung Semeru seperti dilansir okezone: Letusan Pertama Gunung Semeru meletus pertama kali pada 8 November 1818, sekitar 200 tahun lalu. Februari 1994 Terdapat 9 kali letusan Gunung Semeru yang mengakibatkan asap putih tebal dengan ketinggian 500 meter.

Baca Juga   Blanjakeun untuk Pahlawan UMKM dan Pahlawan Konsumen

Berdasarkan catatan, Tahun 2002 ada 8 kali letusan di kawah utama, disusul pada 25 Desember 2002 terjadi satu kali letusan. Dua hari berikutnya, letusan kembali terjadi di kawah utama dengan jumlah masing-masing letusan sebanyak 7 dan 8 kali. Setelahnya, guguran lava pijar memasuki bagian hulu Besuk Kembar sejauh 250 meter.

Baca Juga   Asyik, Pelabuhan Patimban Segera Tersambung Jalan Tol dan Jalur Kereta

Desember 2020 Gunung Semeru meletus pada pukul 01.23 WIB, Selasa 1 Desember 2020 yang diikuti dengan guguran awan panas, jarak luncur 2 – 11 km. Desember 2021 Letusan terbaru terjadi pada Sabtu sore (4/12/2021).

Baca Juga   KONFERENSI COP26

Melansir Twitter INFOMITIGASIā„¢ @infomitigasi. Tampak dalam video yang diunggah, suasana sangat menakutkan. Tebalnya abu, membuat langit Lumajang gelap seperti malam. “Ketika erupsi terjadi di Semeru, terjadi hujan abu yang cukup lebat. Bahkan sinar matahari tidak dapat menembus lebatnya hujan abu tersebut,” tulisnya.***

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close