BERITA

BMKG: Sebaran Abu Vulkanik Semeru Menuju Selatan Pulau Jawa

Jakarta – Badan Meteorologi Klimatilogi dan Geofisika (BMKG) menyatakan, sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru sudah memasuki Samudera Hindia. BMKG mencatat sebaran abu vulkanik itu bergerak menuju sebelah selatan Pulau Jawa di Samudera Hindia pada terjadi pada Sabtu Malam (4/12/2021).

“Berdasarkan citra satelit pukul 19.00 WIB, sebaran debu vulkanik sudah memasuki samudera hindia sebelah selatan Pulau Jawa,” tulis BMKG dalam keterangannya.

Baca Juga   4.442 Orang Gagal Berangkat Pada Masa Natal dan Tahun Baru 2022 di Daop 2 Bandung

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memaparkan kronologis peristiwa erupsi Gunung Semeru, Sabtu (4/12/2021). Kepala BNPB, Mayjen TNI Suharyanto memaparkan, berdasarkan hasil pengamatan dari Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Gunung Semeru di Pos Gunung Sawur, Dusun Poncosumo, Kecamatan Candipuro, getaran banjir lahar atau guguran awan panas mulai tercatat pukul 14.47 WIB dengan amplitudo maksimal 20 milimeter.

Baca Juga   Segera Beroperasi, Ini Besaran Tarif Toll Akses BIJB

“Kemudian, Pada pukul 15.10 Wajib, PPGA Pos Gunung Sawur melaporkan visual abu vulkanik dari guguran awan panas sangat jelas teramati mengarah ke Besuk Kobokan dan beraroma belerang,” kata Suharyanto dlm konferensi pers virtual, Sabtu (4/12/2021) malam.

Baca Juga   Sowan ke Gus Miftah, Ridwan Kamil Konsultasi Pesantren Lansia di Jabar

Selain itu, lanjut Suharyanto, berdasarkan laporan visual dari beberapa titik lokasi, juga mengalami kegelapan akibat kabut dari abu vulkanik. “Berdasarkan catatan yang dihimpun PVMBG, guguran lava pijar teramati dengan jarak luncur kurang lebih 500-800 meter dengan pusat guguran kurang lebih 500 meter di bawah kawah,” terangnya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close