BERITA

Bacaleg Konvensi Rakyat Partai Perindo, Harus Penuhi Syarat Ini

Jakarta- sejumlah syarat sudah disiapkan bagi bakal calon anggota legislatif (bacaleg) di Pemilu 2024. Ketua Komite Eksekutif Konvensi Rakyat Partai Perindo Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjelaskan, para bacaleg harus mendapat dukungan 100 dukungan anggota DPR RI di pra tahapan. Demikian terungkap dalam Webinar bertajuk Konvensi Rakyat: Jalan Baru Menuju Demokrasi yang Lebih Sehat, Jumat (3/12/2021).

“Bagaimana persyaratannya, untuk menjaring satu dukungan untuk dukungan DPR RI 100 anggota, dan ini harus anggota. Jadi bagaimana caleg yang notabene juga anggota harus merekrut anggotanya,” tuturnya.

Baca Juga   Jusuf Kalla Lantik Atalia Praratya Jadi Dewan Kehormatan PMI Jawa Barat

Kemudian, untuk DPRD tingkat Provinsi dibutuhkan 50 orang dukungan, sedangkan di tingkat DPRD Kabupaten/Kota berjumlah 25 orang. Hal di atas, kata Ferry tiada lain untuk memastikan bahwa mereka yang terjaring memiliki kualitas.

“Untuk meyakinkan bahwa yang bersangkutan itu betul-betul mumpuni dan bisa diterima masyarakat pendukung dan pemilihnya,” jelasnya.

Baca Juga   Jabar Atur Strategi Pengawasan dan Penyekatan Mudik Lebaran

Ferry menjelaskan, sedikitnya, terdapat dua tahapan pra konvensi. Tahap pertama dimulai pada 25 November hingga bulan Mei 2022 dan tahap kedua 1 Juni sampai dengan 16 Agustus 2022.

Lebih jauh dikatakan Ferry, ketika kandidat bacaleg lolos pembobotan nilai oleh Dewan Panel, persetujuan DPP, DPW, DPD kemudian tahap E-Voting yang bersifat terbuka, Bacaleg wajib mengumpulkan syarat minimal 2.500 Bacaleg DPR RI, 1.500 Bacaleg DPRD Provinsi, 500 Bacaleg DPRD Kabupaten Kota.

Baca Juga   KONFERENSI COP26

“Inilah menjadi poin yang sangat penting yang perlu diupayakan teknikalitasnya, salam artian bagaimana mekanisme ini dijaring. Sehingga akan berimplikasi terhadap yang dilakukan parpol di 2024 mendatang,” katanya. Sebagaimana diketahui, Konvensi Rakyat ditutup Maret-April 2023. Selanjutnya, Dapil dan proses Konvensi Rakyat akan mengikuti ketentuan dan jadwal pemilu yang ditetapkan penyelenggara Pemilu (KPU dan KPUD).***

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close