Digital Netizen Fair 2021 Kegiatan Literasi Digital Serentak di 18 Kota

Bandung – Dalam beberapa tahun terakhir, inovasi teknologi digital berkembang sangat masif. Kehadiran teknologi digital telah membawa kemudahan dan kecepatan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, layaknya dua sisi koin, teknologi digital pun mendatangkan berbagai bahaya yang mengintai setiap penggunanya.

Mencegah terjadinya dampak negatif akibat penyalahgunaan teknologi digital, Kementerian Kominfo bersama GNLD Siberkreasi menginisiasi Program Literasi Digital Nasional yang menyasar 12,5 juta juta masyarakat di 514 kabupaten/kota pada 34 provinsi Indonesia. Program ini diimplementasikan melalui berbagai kelas, lokakarya, serta seminar baik secara online maupun offline, dan mengedepankan empat pilar literasi digital, yaituKecakapan Digital, Keamanan Digital; Etika Digital; serta Budaya Digital.

Baca Juga   KPPU Jabar Beberkan Kondisi Persaingan Usaha Jawa Barat

Puncak acara Literasi Digital yaitu Netizen Fair 2021 dilakukan serentak dan hybrid di berbagai Kota/Kabupaten selama dua hari mulai 23-24 November 2021, salah satunya di kota Bandung.

Bertempat di Gedung Graha Manggala Siliwangi masyarakat Kota Bandung dapat mengikuti kegiatan yang mengangkat beragam tema seperti Membuat Konten Kreatif, Membuat Podcast, serta rangkaian talkshow yang membahas empat pilar literasi digital.

Baca Juga   November 2021 Akses tol ke BIJB Kertajati Ditargetkan Beroperasi

Peserta yang mengikuti kegiatan ini diajarkan seluk beluk pembuatan konten kreatif dan podcast, serta akan menadapat pemahaman mengenai empat pilar literasi digital.

Kegiatan melibatkan narasumber yang memiliki keahlian di bidang literasi digital, seperti Kepala Dinas Kominfo Kota Bandung Yayan Birlyana dan praktisi Rio Silaen yang memberikan paparan mengenai “Mengenal Lanskap Digital” serta Ahmad Romzi dan Enda yang berbagi pengetahuan tentang “Netiket Masyarakat Digital” pada hari pertama.

Baca Juga   Progres Pembangunan Jalan Tol Akses BIJB Kertajati

Di hari kedua akan hadir Fajar Muharom dan Dea Podomoro yang mengulas mengenai “Teknologi Merajut Toleransi”, kemudian ada Gustaff dan Zen Munawar yang akan berbincang mengenai “Aman, Nyaman, dan Kreatif di Internet” serta turut hadir pakar Podcast Tio Utomo dan Dera Firmansyah.

Kegiatan Netizen Fair 2021 diadakan gratis dan terbuka untuk umum agara dapt melibatkan masyarakat secara massif menuju Indonesia Makin Cakap Digital bersama Kementerian Kominfo.

 

(RLS)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close