Jabar Juara Umum PON XX Papua, Ridwan Kamil: Perjuangan Belum Berakhir

BANDUNG – Provinsi Jawa Barat sukses merebut sekaligus mempertahankan gelar juara umum di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua Tahun 2021 yang berakhir Jumat (15/10/2021).

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil pun mengungkapkan sukacitanya atas prestasi yang sukses ditorehkan kontingen Jabar di ajang pesta olahraga terbesar di Indonesia itu. Di tengah sukacitanya, Ridwan Kamil berpesan agar kontongen Jabar tidak berpuas diri.

“Jangan berpuas diri. Setelah PON ini, perjuangan belum berakhir untuk terus mengukir prestasi hingga level dunia. Dari prestasi yang berhasil diukir dalam ajang PON ini, tentu masih dinanti prestasi penting lainnya,” ungkap Ridwan Kamil dalam keterangannya, Sabtu (16/10/2021).

Gubernur yang akrab disapa Kang Emil itu pun mengungkapkan rasa syukurnya atas prestasi tersebut. Menurutnya, gelar juara umum PON XX Papua sebagai anugerah dari Allah SWT.

Baca Juga   Jabar Provinsi Prioritas Program Infrastruktur Hijau

“Puji syukur kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa atas anugerah dan kasih karunia-Nya yang diberikan bagi Jabar dapat mempertahankan gelar juara umum pada PON di Tanah Papua,” tuturnya.

Atlet Jawa Barat, Halomoan EB (087) berhasil meraih medali emas Atletik PON XX Papua nomor Lari 400m Gawang Putra. (Foto : PB PON XX Papua/Ady Sesotya).

Kang Emil pun menyebut bahwa ajang PON XX Papua sebagai persitiwa bersejarah. Pasalnya, untuk pertama kalinya PON digelar di Tanah Papua dan di tengah pandemi Covid-19, khususnya saat bangsa Indonesia telah melewati gelombang kedua pandemi Covid-19.

“Ini merupakan kado kebahagiaan yang sangat berarti bagi warga Jabar dan raihan juara umum PON merupakan hadiah sukacita kedua bagi Jabar setelah dapat melewati gelombang kedua Covid-19 yang sangat berat bulan Juli 2021 lalu,” kata Kang Emil.

 

“Secara pribadi pun saya terharu. Capaian prestasi ini menjadi kado terindah bagi saya. Ketika ulang tahun pun saya sedang menyemangati kontingen Jabar yang berlaga,” sambung Kang Emil.

Baca Juga   THE 3RD WEST JAVA INVESTMENT SUMMIT

Oleh karenanya, lanjut Kang Emil, atas nama Pemda Provinsi Jabar dan masyarakat Jabar, dia menghaturkan terima kasih kepada seluruh atlet Jabar yang telah berjuang bersama dan memberikan prestasi terbaik, bahkan melakukan pemecahan rekor.

“Apresiasi juga kepada para pelatih dan tim pendukung yang telah mendampingi dan melaksanakan sistem pembinaan atlet yang baik,” sebutnya.

Tak lupa, Kang Emil pun menyampaikan Terima kasihnya kepada seluruh masyarakat Papua yang menyambut dan menyelenggarakan PON dengan baik, sehingga ajang yang diikuti 6.116 atlet dari 34 provinsi yang berlangsung sekitar dua minggu ini dapat berjalan dengan aman, damai, dan terkendali dari corona.

Menurutnya, PON XX Papua bukan sekadar ajang kompetisi dan prestasi di bidang olahraga, melainkan pula sebagai ruang bersama merajut persatuan dan kesatuan, bangkit dan maju bersama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya dalam mengatasi pandemi Covid-19.

Baca Juga   KPID Nobatkan Gubernur Ridwan Kamil 'Digital Champion'

“PON XX juga menjadi penanda bahwa masyarakat Papua merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Republik Indonesia, saudara bagi warga Jabar, juga seluruh Indonesia,” tegas Kang Emil.

Kang Emil menambahkan, meski sukses meraih gelar juara umum PON XX Papua, perjuangan belum berakhir. Dia menyebutkan, perjuangan yang harus dihadapi saat ini, yakni mewujudkan kekebalan kelompok 70 persen penduduk untuk cakupan vaksinasi Covid-19 sampai Desember 2021.

“Target nasional 181,5 juta penduduk, target di Jabar sebanyak 37 juta penduduk. Insya Allah, kita pasti bisa untuk kesejahteraan seluruh rakyat,” tandasnya.

 

(Sumber:www.okezone.com)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close