NEWS

Prihatin Kerusuhan di Gedung Capitol, Dua Menteri Trump Mengundurkan Diri : Okezone News

WASHINGTON, DC – Menteri Transportasi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump, Elaine Chao, mengumumkan pengunduran dirinya pada Kamis (7/1/2021). Chao menjadi menteri kabinet Trump pertama yang mengundurkan diri karena penyerbuan mematikan ke Gedung Capitol AS pada Rabu (6/1/2021) oleh massa pendukung Trump.

Chao, istri Pemimpin Mayoritas Senat Mitch McConnell, yang merupakan sekutu dekat Trump, mengatakan dia “sangat terganggu” oleh kekerasan pada Rabu yang dipicu oleh retorika Trump.



BACA JUGA:  2 Pejabat Gedung Putih Mundur Usai Kerusuhan di Capitol

Pada Kamis malam, Menteri Pendidikan Betsy DeVos menjadi anggota Kabinet kedua yang mengundurkan diri sehari setelah kekerasan di gedung Capitol. Dia menyalahkan Trump karena mengobarkan ketegangan.

“Tidak salah lagi dampak retorika Anda terhadap situasi ini, dan itu adalah titik perubahan bagi saya,” kata DeVos dalam pernyataan pengunduran dirinya.

Chao dan DeVos bergabung dengan daftar pengunduran diri yang terus bertambah dari pemerintahan Trump setelah ratusan pendukung Trump masuk ke gedung Capitol ketika para legislator sedang dalam proses menyertifikasi suara Electoral College dalam pemilihan November, meresmikan kemenangan Presiden terpilih Joe Biden.

Mantan Kepala Staf Gedung Putih Mick Mulvaney mengatakan pada Kamis pagi bahwa dia juga mengundurkan diri sebagai utusan khusus untuk Irlandia Utara dan mengatakan pejabat pemerintah lainnya telah mempertimbangkan untuk mundur.

Presiden telah mendesak para pendukungnya pada rapat umum pada Rabu pagi untuk berunjuk rasa di gedung tersebut, menegaskan bahwa hasil pemilu telah dicuri.

Trump mengatakan, “Kita tidak akan pernah bisa merebut kembali negara kita dengan kelemahan. Kita harus menunjukkan kekuatan dan kita harus kuat.”.

BACA JUGA: Seorang Polisi Tewas, Korban Jiwa Kerusuhan Gedung Capitol Bertambah Jadi 5

Pada Kamis malam, Trump mengeluarkan video, mengutuk tindakan pendukungnya sebagai “serangan keji di Gedung Kongres Amerika Serikat,” dan mengatakan dia “marah oleh kekerasan, pelanggaran hukum dan Kekacauan itu.”

Menurut Departemen Kepolisian Metropolitan di Washington, DC, lima orang tewas dalam kerusuhan itu.


(dka)

Okezone

Show More

Related Articles

Close