NEWS

Kabareskrim Tegaskan Rekonstruksi Penembakan 6 Laskar FPI Transparan & Objektif : Okezone Nasional

JAKARTAKabareskrim Polri Komjen Listyo Sigit Prabowo menegaskan pihaknya melakukan rekonstruksi penembakan 6 Laskar FPI, secara profesional, transparan dan objektif. Rekonstruksi digelar di empat titik di sekitar Karawang, Senin 14 Desember 2020.

“Yang perlu saya tekankan, dalam rekonstruksi yang kami lakukan, kami profesional, transparan dan objektif,” kata Listyo dalam konferensi pers di Mabes Polri, Selasa (15/12/2020).

Keterbukaan itu, lanjut Listyo, ditunjukkan dengan dihadirkannya pengawas eksternal yakni Kompolnas. Pihaknya sebenarnya sudah mengundang Komnas HAM, Amnesty International Indonsia, dan lainnya, namun tak hadir.

“Kami melibatan rekan-rekan dari media, pengawas external, walaupun yang datang hanya dari Kompolnas,” ujar Listyo. 

Meski begitu, Listyo mengaku bisa memahami dengan sikap para pengawas eksternal tersebut. Ketidakhadiran tersebut untuk menjaga independensi dalam pengusutan kasus ini.

Baca juga: Kabareskrim: Rekonstruksi Penembakan 6 Laskar FPI Bukan Hasil Final!

Sebelumnya, Bareskrim Polri bersama dengan jajaran Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus bentrokan FPI dan Polisi yang berujung penembakan 6 anggota FPI hingga menyebabkan meninggal dunia. 

Rekostruksi dilakukan di empat lokasi yang menjadi tempat adegan bentrokan yakni pertama di Jalan Internasional Karawang Barat, depan Hotel Novotel, kedua di Jembatan Badami. TKP ketiga yakni Rest Area KM 50 dan TKP keempat KM 51+200.

Total ada 58 adegan yang dilakukan di empat TKP di Kabupaten Karawang tersebut.  Disana ditemukan fakta bahwa polisi mulanya menembak dua orang anggota FPI hingga tewas sementara empat lainnya diamankan dalam mobil.

Namun berdasarkan keterangan polisi, keempatnya melakukan perlawanan terhadap petugas, atas dasar itu pula polisi mengambil tindakan tegas dan terukur. 

Okezone

Show More

Related Articles

Close