NEWS

Jurnalis Perempuan Afghanistan Tewas dalam Serangan Kelompok Bersenjata : Okezone News

KABUL – Pria bersenjata menembak dan membunuh seorang jurnalis televisi, yang juga aktivis hak-hak perempuan, di Afghanistan pada Kamis (10/12/2020). Insiden itu semakin menunjukkan tren kekerasan yang meningkat terhadap jurnalis di negara Asia Selatan itu.

Malalai Maiwand, seorang reporter di Radio dan TV Enikas di Nangarhar, tewas bersama dengan sopirnya saat kendaraan mereka diserang di Jalalabad, Ibu Kota Provinsi Nangarhar. Kematian Maiwand menjadikan jumlah total jurnalis dan pekerja media yang tewas di Afghanistan tahun ini mencapai 10.

BACA JUGA: 94 Jurnalis dari Berbagai Negara Tewas Terbunuh Sepanjang 2018

“Dia sedang dalam perjalanan ke kantor ketika insiden itu terjadi,” kata Juru Bicara Gubernur Nangarhar Attaullah Khogyani sebagaimana dilansir Reuters.

Daerah Jalalabad telah menjadi sarang aktivitas militan, terutama yang melibatkan ISIS, tetapi tidak ada kelompok yang segera mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu. Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mengatakan kelompok itu tidak terlibat dalam pembunuhan tersebut.

BACA JUGA: Erdogan: Kematian Jamal Khashoggi Adalah Pembunuhan Berencana

Maiwand juga bukan keluarga pertama yang menjadi sasaran. Lima tahun lalu, ibunya, juga seorang aktivis, dibunuh oleh orang bersenjata tak dikenal.

Bulan lalu, Elyas Dayee, seorang jurnalis Radio Azadi, tewas dalam ledakan bom di provinsi Helmand selatan, dan Yama Siawash, mantan presenter TOLOnews, tewas dalam ledakan serupa di Kabul.

(dka)

Okezone

Show More

Related Articles

Close