NEWS

Ratusan Unggas di Bandung Barat Mati Terkena Flu Burung : Okezone News

BANDUNG BARAT – Dinas Perikanan dan Peternakan (Dispernakan) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menemukan kasus flu burung yang menyerang unggas milik warga.

Akibatnya ratusan unggas milik warga yang berada di Kecamatan Cihampelas, KBB, mati mendadak dan hal tersebut sempat membuat warga sekitar khawatir.

“Kejadiannya minggu lalu, ada laporan masuk, lalu kami datangi. Ternyata dari hasil rapid test, unggas yang mati itu terserang virus flu burung,” ungkap Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) Dispernakan, KBB, Wiwin Apriyanti, Kamis (3/12/2020).

Dia menjelaskan, dari hasil observasi di lapangan unggas tersebut terserang virus flu burung dari unggas yang baru didatangkan oleh pemilik peternakan dari luar daerah. Unggas yang terpapar virus flu burung tersebut merupakan ayam berjenis ayam kampung.

“Virus ini bisa menular ke jenis unggas lain dengan kontak langsung. Terutama dipergantian musim seperti sekarang, biasanya daya tahan tubuh ternak turun, jadi banyak unggas yang mudah terserang penyakit,” sambungnya.

Disebutkannya, ciri utama unggas tersebut terpapar flu burung yakni adanya kematian unggas dalam jumlah banyak pada satu tempat (kandang). Serta dalam waktu yang terbilang cepat. Sementara ciri fisiknya terlihat dari jengger berwarna kebiru-biruan.

“Pencegahannya bisa melalui pemberian vaksin flu burung dan melakukan isolasi terhadap unggas yang baru datang dari luar daerah, tidak langsung disatukan,” ucapnya seraya menyebutkan kebersihan kandang juga harus diperhatikan.

(kha)

Okezone

Show More

Related Articles

Close