NEWS

Buku How Democracies Die Jadi Trending Topic Twitter Usai Dibaca Anies Baswedan : Okezone Nasional

JAKARTA – Segala kegiatan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan belakangan jadi sorotan netizen. Terlebih lagi, namanya menyedot perhatian publik karena dipanggil Polda Metro Jaya untuk memberikan keterangan terkait kerumunan di acara Imam Besar Front Pembela Islam (Habib Rizieq).

Kali ini, yang jadi pembahasan warganet adalah buku yang dibaca Anies. Awalnya Anies mengunggah foto dirinya bersantai sambil membaca buku berjudul ‘How Democtacies Die’. Buku itu dibacanya sebagai pengisi waktu luang di hari libur, Minggu (22/11/2020).

“Selamat pagi semua. Selamat menikmati Minggu pagi,” tulis Anies dalam unggahan tersebut.

Judul buku itu lantas diperbincangkan di Twitter. Banyak yang menilai foto itu sengaja diunggah Anies untuk menyindir kondisi demokrasi saat ini, lewat buku karangan Steven Levisky dan Daniel Ziblatt itu.

Tak ayal, judul buku itu pun mendadak masuk daftar trending topic di Twitter. Hingga pukul 19.45 WIB, terdapat 2.551 cuitan terkait buku tersebut.

Komentar yang bermunculan pun beragam. Ada yang menyebut postingan Anies sebagai ‘simbol’ yang bisa diartikan bebas oleh setiap orang. Namun, ada juga yang khawatir buku tersebut bakal banyak dibajak usai jadi trending.

Baca juga: Anies Baca Buku How Democracies Die, Netizen: Judul Bukunya Kode Keras!

“Buku How Democracies Die bakalan banyak bajakannya nih,” tulis @rsyam_.

Sementara itu di postingan akun Instagram @aniesbaswedan, sejumlah warganet mendoakan Anies agar terus sehat dalam menjalankan tugasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Apalagi dirinya baru saja diklarifikasi Polda Metro Jaya selama sembilan jam terkait kerumunan acara Habib Rizieq di Petamburan.

(qlh)

Okezone

Show More

Related Articles

Close