NEWS

Dirawat di Walter Reed, Trump Diberi Remdesivir untuk Obati Covid-19 : Okezone News

WASHINGTON DC – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump diberikan Remdesivir sebagai pengobatan untuk Covid-19 saat dirawat di Pusat Medis Nasional Walter Reed, Washington DC, demikian disampaikan dokter Gedung Putih, Sean Conley pada Jumat (2/10/2020).

Dalam sebuah memo yang dirilis kantor pers kepresidenan AS, Conley mengatakan bahwa Trump tidak membutuhkan perawatan oksigen hingga Jumat malam, tetapi dokter memilih memulai terapi Remdesivir untuk mengobati infeksi Covid-19 sang presiden.

BACA JUGA: Demam Setelah Positif Covid-19, Trump Diterbangkan ke Rumah Sakit

“Sore ini, dalam konsultasi dengan spesialis dari Walter Reed dan Universitas Johns Hopkins, saya merekomendasikan perpindahan Presiden ke Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed untuk pemantauan lebih lanjut,” tulis Conley sebagaimana dilansir The Hill.

“Malam ini saya dengan senang hati melaporkan bahwa Presiden baik-baik saja. Dia tidak membutuhkan oksigen tambahan, tetapi dengan berkonsultasi dengan spesialis kami telah memilih untuk memulai terapi Remdesivir. Dia telah menyelesaikan dosis pertamanya dan sedang beristirahat dengan nyaman.”

Penggunaan Remdesivir berarti Trump sekarang menggunakan berbagai terapi untuk mengobati infeksinya. Sebelumnya, Conley mengatakan bahwa Trump diberi suntikan antibodi eksperimental yang dikembangkan oleh Regeneron. Dia juga mengonsumsi zinc, vitamin D, famotidine, melatonin dan aspirin.

BACA JUGA: Positif Covid-19, Trump Disuntik Obat Eksperimental

Remdesivir diizinkan digunakan oleh pemerintahan Trump sebagai pengobatan darurat untuk infeksi virus corona pada Mei ini setelah dilaporkan menunjukkan efek mempersingkat masa pemulihan pasien yang terpapar Covid-19.

Trump yang berusia 74 tahun termasuk dalam kategori usia yang rentan terhadap Covid-19. Dia diterbangkan ke Pusat Medis Militer Walter Reed di Washington DC pada Jumat setelah mengalami demam ringan usai dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Menurut Gedung Putih, Trump akan dirawat di Walter Reed dan bekerja dari sana hingga beberapa hari ke depan.

(dka)

Okezone

Show More

Related Articles

Close