NEWS

PGRI Harap Guru Hononer Juga Dapat Bansos : Okezone Nasional

JAKARTA – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) berharap pemerintah memberikan bantuan sosial (bansos) kepada para guru hononer di Tanah Air. Pasalnya, saat ini tercatat banyak guru honorer yang mendapatkan gaji di bawah Rp5 juta dan Upah Minimum Provinsi (UMP).

“Harapan PGRI seperti disampaikan oleh ketua umum PB PGRI, bahwa pemerintah juga memperhatikan bantuan sosial untuk guru honorer sebagaimana bantuan subsidi untuk pekerja yang dibawah gaji Rp5 juta karena para guru honorer masih banyak yang mendapatkan honor di bawah UMP. Butuh perhatian. PGRI telah mengajukan surat resmi ke Menaker RI untuk hal ini,” kata Ketua Departemen Penelitian dan Pengabdian Masyarakat PGRI Catur Nurrochman Oktavian kepada Okezone, Rabu (2/9/2020).

Ia mengatakan, PGRI juga mengapresuasi kebijakan Kemendikbud terkait pemberian bantuan kuota bagi siswa, mahasiswa, guru, dan dosen. Selain itu, kebijakan menunda Program Organisasi Penggerak (POP) Kemendikbud juga dianggap tepat.

“Dananya direalokasi untuk kepentingan membantu PJJ. Diharapkan semua pihak (orangtua, guru, dan masyarakat) dapat mengkawal agar anggaran kuota ini (cukup besar) dapat tepat sasaran, dan efektif untuk membantu pelaksanaan PJJ,” tandasnya.

Sebelumnya, Ketua PGRI Unifah Rosyidi berharap pemerintah memberikan bansos kepada guru honorer karena gajinya jauh di bawah Rp5 juta per bulan. “Mereka layak dapat bansos, apalagi pandemi ini sangat terdampak pada hononer,” kata Unifah.

“Kami berharap pemerintah dalam hal ini Menakertrans bisa memasukkan tenaga honorer dalam kategori penerima bansos tersebut, karena dapat membantu kebutuhan para guru di masa pandemi ini” tuturnya.

Dia mengajak Pengurus PGRI di seluruh daerah berkoordinasi dengan pemda untuk mendaftarkan para honorer menjadi anggota BPJS Ketenagkerjaan.

“Kalau bisa dengan BPJS Kesehatan karena itu sebagai basis untuk menghitung jumlah honorer yang benar-benar mengajar dan tenaga adminstrasi sekolah,” tandasnya.

(kha)

Okezone

Show More

Related Articles

Close