NEWS

Peredaran Narkoba di Jambi Banyak Dikendalikan dari Lapas : Okezone News

JAMBI – Peredaran narkotika di Provinsi Jambi saat ini diduga dipasok melalui dua jalur, yakni jalur darat dan jalur laut. Tidak hanya itu, diduga kuat juga dikendalikan oleh oknum napi di Lapas Jambi.

“Untuk jalur darat, masuk melalui perbatasan antar provinsi, dominan jika jalur darat melalui Lintas Timur Pekan Baru menju Jambi,” ungkap Dirresnarkoba Polda Jambi Kombes Pol Dewa Putu Gede Artha, Sabtu (15/8/2020).

Menurutnya, berdasarkan data nasional, narkotika di Indonesia dominan dipasok melalui jalur laut.

“Kalau untuk Jambi ini kan banyak perbatasannya, tidak menutup kemungkinan, jika dominan dipasok dari laut,” kata Dewa.

Sementara itu, sambungnya, dari pengakuan tersangka yang telah diamankan, diduga kuat peredaran narkoba di Jambi dikendalikan oleh oknum napi di Lapas Jambi.

Namun begitu, dia menambahkan, hal tersebut tidak sepenuhnya dapat dipercaya, sebelum dibuktikan secara hukum.

“Memang sejauh ini, pengakuan mereka dikontrol dari lapas, tapi tidak sepenuhnya kita percaya sebulum dibuktikan secara hukum. Inilah yang menjadi dasar untuk kita melakukan penyelidikan,” jelas Dewa.

Dari berbagai informasi, sistem para pelaku menjalankan bisnis haramnya dengan komunikasi via telepon seluler. Selanjutnya, antara pembeli yang diduga berasal dari Lapas tidak saling kenal atau dengan sistem terputus.

Pelaku hanya akan diarahkan kesuatu tempat untuk melakukan penjemputan.

“Setahu saya, napi tidak boleh menggunakan handphone, tapi pengakuan tersangka sejauh ini mereka kominkasi via handphone. Tapi sekali lagi saya katakan, tidak sepenuhnya kita percaya, sebelum dapat dibuktikan secara hukum,” tegas Dewa.

(kha)


Okezone

Show More

Related Articles

Close