NEWS

Pariwisata Kembali Dibuka, Pakar Kesehatan Imbau Pengunjung Lakukan Ini : Okezone Nasional

JAKARTA – Sejumlah destinasi wisata telah dibuka dengan menerapkan new normal atau kenormalan baru di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya destinasi yang dibuka yakni Bali untuk para turis lokal dan Nusantara.

Dewan Pakar Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI), Hermawan Saputra mengingatkan agar masyarakat yang ingin berwisata harus menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Menurut dia, para wisatawan juga harus memastikan bahwa hotel tempatnya menginap harus dipastikan sirkulasi udara tersebut berlangsung baik lantaran virus corona bisa memapar manusia lewat udara.

“Kalau dibuka atau terpaksa dibuka tentu itu ada orang, ada barang, ada ruang. Jadi itu seperti di hotel itu harus diatur betul ventilasi udara, aliran udara, sirkulasi tapi juga prilaku orang menjaga jarak, menggunakan masker, itu harus!” tegas Hermawan saat dihubungi Okezone, Senin (3/8/2020).

Hermawan menegaskan bahwa setiap destinasi wisata juga harus menyiapkan area cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, hingga handsanitizer di ruang-ruang publik.

“Tapi yang paling penting protokol kesehatan itu juga diterapkan. Dan jaga jarak. Di situ dia intinya. Karena pariwisata itu keramaian, kalau tidak menjaga jarak (tidak bisa). Jadi ini harus hati-hati,” tuturnya.

Hermawan meminta pengelola setiap destinasi wisata harus memastikan lokasinya tak menjadi klaster penularan Covid-19. Menurut dia, saat ini wisata terbagi dua yakni wisata tertutup dan wisata terbuka.

“Kalau wisata terbuka relatif tidak berkaitan dengan udara, tapi kalau wisata tertutup itu seperti hotel dan lain-lain itu harus dimanajemen sirkulasi udaranya,” pungkasnya.

(kha)


Okezone

Show More

Related Articles

Close