NEWS

Polisi Lakukan Rekayasa Lalin di Tol Cipali pada Puncak Arus Balik Idul Adha : Okezone News

CIREBON – Satuan Lalu Lintas Polresta Cirebon sudah menyiapkan rekayasa lalu lintas (lalin), untuk mengantisipasi lonjakan volume arus kendaraan di Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cipali, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Minggu (2/8/2020). Hal ini dilakukan, karena malam ini diprediksi menjadi puncak arus balik Idul Adha 1441 H.

Kapolresta Cirebon, Kombes M Syahduddi menjelaskan, rekayasa lalin yang sudah disiapkan yakni dengan melakukan pengalihan terhadap kendaraan angkutan barang. Kendaraan angkutan barang dari Pintu Tol Palimanan 4 dialihkan menuju Jalur Pantai Utara (Pantura) Cirebon.

Menurut Syahduddi, pengalihan itu bertujuan untuk mengurangi volume kepadatan kendaraan di Tol Cipali. Meski demikian, masih ada beberapa kendaraan angkutan barang yang masih diperbolehkan melintas. Seperti kendaraan yang mengangkut bahan sembako, BBM, dan bahan-bahan logistik lainnya.

“Pembatasan kendaraan angkutan barang yang melintas di jalan tol. Sesuai surat edaran Kemenhub, kami keluarkan kendaraan ini dari Pintu Tol Palimanan menuju arteri. Tujuannya untuk mengurangi beban kepadatan volume kendaraan di Tol Cipali,” kata Syahduddi saat ditemui Okezone, Minggu (2/8/2020).

 Mudik

Lebih lanjut ia menerangkan, hingga saat ini antrean kendaraan hanya terjadi saat pemudik membayar di Pintu GT Palimanan Tol Cipali. Selebihnya, sambung dia, arus lalin di GT Palimanan Tol Cipali terpantau ramai lancar.

Masih kata Syahduddi, Polresta Cirebon sudah menyiagakan tim urai untuk memantau jalannya arus lalin di sepanjang Jalan Tol Cipali. Tim urai ini, nantinya akan memeriksa apakah ada pemudik yang menggunakan bahu jalan untuk berhenti atau tidak.

“Informasinya di Karawang sudah melakukan contraflow. Sehingga situasi lalin saat ini terkendali,” ucap Syahduddi.

(wal)


Okezone

Show More

Related Articles

Close