NEWS

Pemprov Jabar siapkan ribuan unit rumah vertical bagi MBR

BANDUNG-Setelah berhasil membangun apartemen transit di Rancaekek dan Solokan Jeruk di wilayah Kabupaten Bandung, Ujung Berung di wilayah Kota Bandung, dan Batujajar Kabupaten Bandung, dan mendapat respon positif dari masyarakat terutama Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) Pemprov Jabar melalui Dinas Perumahan dan Pemukiman Jawa Barat berencana membangun kembali sejumlah tower yang mengusung Konsep Apartemen Juara dengan total 1.424 unit. Hunian vertical yang terbagi atas rumah susun sewa (rusunawa) dan rumah susun milik (rusunami) itu, pembangunannya akan dimulai pada 2021 dan diharapkan rampung dalam satu tahun kemudian.

Kepala Dinas Perumahan dan Pemukiman Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi dalam coffee morning yang berlangsung Jum’at, 28 Februari 2020 di Kantor Dinas Perumahan dan Pemukiman Jawa Barat (Disperkim Jabar) berlokasi di Kawaluyaan Kota Bandung, mengatakan pihaknya akan membangun ribuan unit apartemen di yang tersebar berbagai wilayah di Jawa Barat, antara lain Cirebon-Patimban-Majalengka (Rebana), di kawasan Purwakarta-Cikampek, di kawasan Pangandaran, di Tasikmalaya, dan di kawasan Metro Bogor-Depok-Bekasi (BoDeBek). Dicky menjelaskan, saat ini ada sekitar 5 juta jiwa masyarakat Jabar yang masih tinggal di rumah-rumah tidak layak huni, sehingga Disperkim Jabar berkewajiban menyediakan rumah tinggal layak huni agar angka backlog Jawa Barat yang mencapai 1,9 juta dapat ditekan dan tidak membesar.

Konsep bangunan vertikal dipilih Disperkim Jawa Barat tentu untuk menyiasati keterbatasan lahan yang semakin sempit. Dicky menuturkan bahwa konsep bangunan vertikal selain akan memberikan keuntungan lebih efisien, pengelolaannya pun juga akan lebih mudah, dan biaya operasional yang dapat ditekan. Pembangunan yang lebih efisien dan biaya pengelolaan yang terjangkau inilah diharapkan berdampak pada harga sewa yang dapat dijangkau oleh Masyarakat Berpenghasilan Rendah agar untuk bisa tinggal di apartemen juara milik pemprov Jabar.

(ALN/Lip)

Show More

Related Articles

Close