NEWS

Jelang Muktamar 2020, Ormas Parmusi Tetap Fokus Pada Gerakan Desa Madani

Bandung, – Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Persaudaraan Muslimin Indonensia (Parmusi), harus fokus pada membangun kekuatan umat. Demikian dikatakan Ketua Umum PP Parmusi, Usyamah Hisyam dalam Musyawarah Kerja Wilayah (Mukerwil) ke-1 Parmusi Jawa Barat di Hotel Asrilia Bandung, Minggu (01/02/ 2020).

Dihadapan para Pengurus Wilayah dan Pengurus Daerah Parmusi Jawa Barat, Usamah mengajak mengubah mindset dari ormas politik menjadi organisasi peradaban. Namun begitu ia menegaskan bukan  berarti meninggalkan politik, tapi kekuatan politik hanya akan berhasil jika dibangun oleh kekuatan umat.

“Program desa madani yang telah dlaksanakan oleh PP Parmusi tidak lain tujuannya untuk memperkuat perekonomian umat. Jika umat Islam kuat maka akan menjadi kekuatan perubahan Indonesia ke arah yang lebih baik,” papar Usamah.

Kondisinya sekarang, lanjut dia, umat Islam berada di posisi yang sangat lemah. Ia menjelaskan, di daerah perdesaan banyak dijumpai umat Islam yang tidak berdaya secara ekonomi, bahkan tidak paham akan nilai-nilai ajaran Islam.

“Karena itu, Parmusi harus fokus pada gerakan dakwah khususnya di wilayah-wilayah terluar melalui program desa madani,” tegasnya.

Tujuan parmusi melaksanakan gerakan desa madani, kata Usamah, yakni terciptanya masyarakat madani yang sejahtera lahir dan batin yang sesuai dengan ajaran Islam.

“Saya tegaskan, tidak mungkin Islam menjadi musuh Pancasila. Karena umat Islam telah melaksanakan nilai-nilai Pancasila sebelum Pancasila lahir,” ungkapnya.

Selain melakukan dawah dan membina umat, Usamah mengingatkan, Parmusi harus menjadi organisasi yang kritis terhadap kebijakan – kebijakan yang bertentangan dengan kepentingan umat Islam.

Tapi, Parmusi juga harus dapat menahan diri tawaran-tawran penguasa yang tidak ada kepentingannya dengan tujuan dawah. Sehingga Parmusi akan menjadi Ormas yang berwibawa dan disegani oleh penguasa.

“Sudah saatnya sekarang Parmusi Jawa Barat, menata organisasi. Anggota¬†atau pimpinan parmusi yang sudah tidak ada semangat dakwah melalui parmusi lebih baik harus mundur,” katanya.***

Show More

Related Articles

Close