Belasan komunitas Online muslim sambangi Daarut Tauhid (DT Peduli).

Agama 00182X

Bandung. Komunitas yang konsisten berdakwah di sosial media ini diantaranya: Teladan Rasul, Berbagi Semangat, Cinta Dakwah, ODOJ, Berani Berhijrah, Berusaha Baik, Wanita Saleha, Kartun Muslimah, Negeri Akhirat, Pecinta Quran, Gerakan Cinta Masjid (GEMAS), Indonesia Tanpa JIL (ITJ), Pejuang Subuh. "Sesi Sharing komunitas ini bertujuan untuk menjalin silaturahim kepada komunitas Peduli yang selama ini bersinergi dengan DT Peduli untuk program kemanusiaan dunia islam,” ujar Eko Yunianto, Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Jaringan DT Peduli. Ia melanjutkan, banyak komunitas yang peduli terhadap kondisi umat muslim baik di Indonesia maupun luar negeri.

 

Sebagai Lembaga Amil Zakat yang besar, DT Peduli menghimpun donasi yang terkumpul dari komunitas-komunitas tersebut (juga dari donatur individu) untuk disalurkan langsung kepada pengungsi muslim di luar negeri. Sebagai contoh, pada Februari 2018 lalu DT Peduli memberikan langsung bantuan untuk pengungsi Suriah dan Palestina yang mengungsi di Yordan. Tidak hanya membawa nama lembaga sendiri, DT Peduli juga mencantumkan nama-nama komunitas yang ikut berkontribusi dalam bantuan tersebut. Bagi Hendra Irawan, Direktur Marketing Komunikasi yang juga relawan yang  bertugas menyalurkan bantuan langsung ke pengungsi Suriah dan Palestina, hal ini bukan suatu masalah.

 

“Kita bersaudara. Dan kesuksesan itu tidak bisa karena bergerak sendiri, melainkan bersama-sama. Kita tidak ingin masuk surga sendirian. Makanya kami mengajak komunitas-komunitas untuk bersama membantu saudara kita,” tutur Hendra.

 

Sharing komunitas ini disambut baik oleh komunitas yang hadir. Bakat Setiadi dari komunitas ODOJ  (One Day One Juz) pusat, mengucapkan terima kasih atas jamuan yang diberikan. Ia menambahkan hampir semua lembaga sosial yang pernah bekerjasama dengan ODOJ, DT Peduli termasuk sedikit lembaga sosial Islam yang rajin berkomunikasi. “Tidak hanya ketika ada kampanye, menghubungi kami, lalu tidak berkomunikasi lagi. Kami berterima kasih kepada teman-teman DT Peduli yang rajin berkomunikasi kepada kami,” tambah Bakat Setiadi.

Sharing Komunitas yang berlangsung selama dua hari ini diisi kegiatan bincang-bincang dengan pengurus Pondok Pesantren Daarut Tauhiid (Aa Gym), menyimak kajian Aa Gym, berkuda, dan memanah di Area Daarus Sunnah-Eco Pesantren Bandung.

 

(rilis)


BERITA LAINNYA:



Telkom University Raih Akreditasi Internasional
Demi Citarum Bersih, Pemerintah Tagih Komitmen Pelaku Usaha dan Industri
Jabar Raih Penghargaan Tertinggi Parasamya Purnakarya Nugraha
Jelang Akhir Masa Jabatan, Aher akan Terima Penghargaan Tertinggi dari Presiden RI