Horee...Jadwal Perjalanan KA Argo Parahyangan BDG - JKT (PP) Bertambah

Peristiwa 00459X

BANDUNG. PT. Kereta Api Indonesia (Persero) pada Kamis, 1 Maret 2018 meresmikan beroperasinya KA Argo Parahyangan dengan New Image  sebagai strategi perseroan dalam meningkatkan pelayanan kepada penumpangnya. Dengan demikian, perjalanan KA Argo Parahyangan dengan rangkaian baru ini menambah jadwal keberangkatan KA relasi Jakarta – Bandung pulang pergi. KA Argo Parahyangan yang mulai beroperasi sejak 27 Februari 2018 ini, berkapasitas 400 tempat duduk per rangkaian (trainset) yang terdiri dari delapan kereta eksekutif, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit.

Direktur Keselamatan dan Keamanan PT. KAI (Persero), Apriyono Wedi Chresnanto, mengatakan  rangkaian baru KA Argo Parahyangan sebagai salah satu alternatif moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu bagi masyarakat yang bepergian pada rute Jakarta – Bandung dan sebaliknya. ‘Fasilitas pada KA rangkaian baru terus kami tingkatkan untuk memenuhi harapan pengguna Kereta Api.’ ungkapnya.

Sinergi BUMN, PT. KAI Gandeng PT. Inka

Berbeda dengan rangkaian yang digunakan pada KA Argo Parahyangan sebelumnya yang menggunakan bahan mild steel, pada rangkaian KA Argo Parahyangan yang baru ini, PT. KAI (persero) meningkatkan bahan bodi dengan stainless steel yang tahan karat dan stripping minimalis. Kereta produksi PT. INKA tersebut merupakan bagian dari program regenerasi sarana kereta yang sudah tua. ‘Yang paling membanggakan adalah bahwa rangkaian KA ini diproduksi oleh anak bangsa melalui PT. INKA sebagai bentuk sinergi BUMN’, ungkap Apriyono.

Selain tampilan luar yang sangat berbeda, pada bagian interior pun, PT. KAI menambah berbagai fasilitas yang memanjakan pengguna, antara lain jumlah toilet duduk di tiap gerbong dari sebelumnya satu menjadi dua. Penumpang pun bisa mengetahui melalui indicator di pintu toilet maupun di papan informasi elektronik apabila toilet dalam keadaan kosong/terisi. Penumpang pun dibuat nyaman dengan adanya sandaran kaki yang lebih fleksibel, lampu tidur dan baca, meja mini yang bisa dilipat di sandaran tangan, serta bagasi kabin yang ada pembatasnya untuk tiap – tiap penumpang.

Untuk kebutuhan multimedia, PT. KAI (Persero) melakukan up-grading pada layar monitor berjumlah empat unit pada tiap gerbong dan menampilkan beragam tayangan hiburan. Adanya lubang jack audio pada tiap-tiap kursi semakin menambah kesan privasi dan elegant yang bisa dimanfaatkan oleh penumpang. Selain itu, dalam kereta restorasi yang mampu menampung hingga 24 tempat duduk, terdapat fasilitas mushola yang lebar lengkap dengan rak berisi sarung dan mukena.    

Urusan keselamatan dan keamanan, rangkaian baru ini telah dilengkapi dua unit CCTV dan dua buah tangga yang menempel pada masing-masing gerbong. Tangga digunakan sebagai pijakan penumpang saat keluar kereta jika diperlukan dalam kondisi darurat. Selain itu, pada lantai kereta disematkan jalur evakuasi yang bisa berpendar saat kondisi gelap. Tak lupa smoke detector akan mendeteksi asap rokok dan membunyikan alarm jika ada penumpang yang kedapatan merokok dalam gerbong.    

Berikut Jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan dengan rangkaian baru tersebut antara lain :

  • No. KA KP/11232 relasi Gambir – Bandung – Kiaracondong berangkat pukul 06.15 tiba di Bandung pukul 09.54 dan di Kiaracondong pukul 10.13

 

  • No. KA KP/11161 relasi Kiaracondong – Bandung – Gambir berangkat pukul 12.45, Bandung Bandung pukul 13.05 dan tiba di Gambir pukul 16.39

 

  • No. KA KP/11234 Gambir – Bandung berangkat pukul 17.02  tiba di pukul 20.19

 

  • No. KA KP/11163 Bandung – Gambir berangkat pukul 20.50, tiba di pukul 00.21

 

         Rep: ALN


BERITA LAINNYA:



Telkom University Raih Akreditasi Internasional
Demi Citarum Bersih, Pemerintah Tagih Komitmen Pelaku Usaha dan Industri
Jabar Raih Penghargaan Tertinggi Parasamya Purnakarya Nugraha
Jelang Akhir Masa Jabatan, Aher akan Terima Penghargaan Tertinggi dari Presiden RI