Launching Sekolah Ramah Anak, Ahmad Heryawan: 'Dinas Pendidikan Jangan Jadi Dinas Mafia Pendidikan'

Pendidikan 00336X

Bandung, Tepuk tangan para guru, kepala sekolah dan perwakilan peserta didik dari sejumlah sekolah tingkat SMA/SMK se-Jawa Barat bergemuruh merespon sambutan tegas Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, yang menekankan Dinas Pendidikan Jawa Barat mesti menjadi institusi terdepan menjadi teladan dan mampu memberikan bukti konkrit sebagai Dinas yang paling bersih dan professional.

“Dinas Pendidikan itu harus berubah mindset-nya menjadi Dinas Pendidikan bukan Dinas Mafia Pendidikan”, ungkap Ahmad Heryawan yang disambut gemuruh tepuk tangan peserta yang hadir dalam Launching Sekolah Ramah Anak, Sekolah Tanpa Kekerasan, Program SMA Terbuka dan SMK Pendidikan Jarak Jauh di Jawa Barat, di Gedung Bhayangkara Jl. Cicendo Bandung pada Kamis siang, 21 Desember 2017. Lebih lanjut Gubernur menankan bahwa sekolah-sekolah di Jawa Barat mesti mampu mengukir masa depan peradaban bangsa dengan hadirnya sekolah sebagai ‘rumah kedua’ bagi peserta didiknya.   

Gagasan sekolah ramah anak sejatinya adalah gagasan sekolah rumah kedua bagi peserta didik sebagai tempat bersemainya ilmu, gagasan, intelektualitas, dibarengi dengan keramahtamahan dan kebahagiaan para peserta didik maupun para pendidiknya. Hal inilah yang menjadi salah satu kunci keberhasilan membangun moral dan karakter anak-anak Jawa Barat khususnya dan Indonesia, sehingga lahirlah sekolah-sekolah di Jawa Barat yang memiliki keunggulan bukan hanya intelektualitas melainkan moral dimana dalam lingkungan sekolah selalu hadir keramahtamahan guru kepada siswa, begitupun sebaliknya muncul sikap hormat siswa terhadap gurunya.

Sekolah Ramah Anak hadir atas amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 82 tahun 2016/ tentang pencegahan dan penanggulangan tindak kekerasan di lingkungan satuan pendidikan di Indonesia, dan Jawa Barat mulai hari ini resmi menjadi provinsi yang menerapkan amanat permendikbud tersebut. (ALN, Lip)


BERITA LAINNYA:



Telkom University Raih Akreditasi Internasional
Demi Citarum Bersih, Pemerintah Tagih Komitmen Pelaku Usaha dan Industri
Jabar Raih Penghargaan Tertinggi Parasamya Purnakarya Nugraha
Jelang Akhir Masa Jabatan, Aher akan Terima Penghargaan Tertinggi dari Presiden RI