BI Jabar Jamin Ketersedian Uang Saat Natal dan Tahun Baru Mencukupi

Ekonomi 00383X

Bandung,-- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jabar menghimbau kepada masyarakat khususnya di Jawa Barat untuk tetap tenang dalam menghadapai moment natal 2017 dan Tahun Baru 2018, karena semua kebutuhan uang rupiah sudah disiapkan kecukupannya.

 

“Kebutuhan untuk natal 2017 dan tahun baru 2018, kami perkirakan ada pada kisaran Rp. 3,2 Triliun dan kami sudah siapkan Rp. 8,1 Triliun. Artinya kita sudah siapkan dua kali lipat” Ujar Kepala KPwBI Jabar Wiwiek Sisto Widayat kepada wartawan di sela sela konperensi pers hasil RDG November dan perkembangan perekonomian makroekonomi jabar di Gedung BI Bandung, Senin (11/12)

 

Semua kebutuhan (uang) masyarakat, sambungnya, baik itu denominasi (pecahan mata uang) maupun jumlahnya, itu semua sudah tersedia di Bank Indonesia. dan Pihaknya juga bekerja sama dengan perbankan di jabar untuk selalu mengedarkan uang yang layak edar.

 

“Selain itu, Kita juga dibantu dengan adanya kas titipan yang sudah dibuka, yakni di sukabumi,Subang dan pangandaran” terangnya.

 

Disinggung mengenai peningkatan uang kartal yang disediakan untuk menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, Wiwiek menjelaskan, jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun lalu (2016) ada peningkatan sebesar 43 persen.

 

“Ada peningkatan sebesar Rp 0,98 Triliun (43 persen), dengan rincian untuk Uang Pecahan Besar (UPB) Rp. 0,92 Triliun dan Uang Pecahan Kecil (UPK) sebesar Rp. 0,06 Triliun”

 

Wiwek menambahkan, untuk tingkat kecukupan modal kerja dalam menghadapi Natal 2017 dan Tahun Baru 2018, untuk Untuk UPB sebesar 230,5 Persen dan UPK sebesar 579,1 persen dan logam sebesar 1.855,0 Persen sehingga, tegasnya, stok uang kartal yang tersedia di Bank Indonesia mencukupi.

 

“Peningkatan ini dipengaruhi oleh sejumlah faktor, diantaranya adalah peningkatan permintaan kebutuhan uang kartal untuk perayaan Natal dan Tahun baru, pemenuhan rutin perbankan seperti gaji bulanan dan kebutuhan pemenuhan ATM selama musim libur akhir tahun” Pungkasnya.


BERITA LAINNYA:



Telkom University Raih Akreditasi Internasional
Demi Citarum Bersih, Pemerintah Tagih Komitmen Pelaku Usaha dan Industri
Jabar Raih Penghargaan Tertinggi Parasamya Purnakarya Nugraha
Jelang Akhir Masa Jabatan, Aher akan Terima Penghargaan Tertinggi dari Presiden RI