Suasana sidang terdakwa Buni Yani

Sidang Buni Yani, Saksi dari JPU Untungkan Terdakwa

Hukum 00121X

Bandung - Sidang kelima Terdakwa Buni Yani dengan kasus dugaan pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan agenda mendengarkan keterangan saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU), digelar di Gedung Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kota Bandung, Selasa (18/07)

JPU menghadirkan tiga orang saksi yakni, Andi Windo Wahidin selaku pelapor, Nurcholis Majid selaku kameramen yang meliput pidato Ahok di Kepulauan Seribu, dan Heru Apriyanto selaku editor dan penggunggah video pidato Ahok ke youtube.

Penasihat hukum terdakwa Buni Yani, Aldwin Rahadian, menganggap saksi yangn dihadirkan JPU menguntungkan dan menguntungkan pihak terdakwa. Pada kesaksian pertama, Andi Windo Wahidin selaku saksi pelapor memberikan keterangan yang berbelit-belit. Banyak keterangan di Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang tidak sesuai dengan keterangan yang disampaikan dipengadilan.

“Fakta yang diuangkap di persidangan, tidak sesuai dengan keterangan yang ada di BAP. Banyak keterangan yang disampaikan sudah terbantahkan,” jelas Aldwin usai persidangan.

Saksi kedua maupun ketiga yang merupakan pegawai di Pemprov DKI Jakarta, Aldwin menilai telah memberikan kesaksian yang jujur. “Saksi secara jujur menyampaikan bahwa dia tidak tahu apa-apa, taupun terjadi kisruh itu dari televisi dan alasan kisruhpun mereka tau dikarenakan penistaan agama,” tutur Aldwin.

Ada dua video yang dijadikan alat bukti dipersidangan, yaitu video utuh yang berdurasi satu jam lebih dan video yang berdurasi 31 detik. Alat bukti ini pun tidak bisa dibuktikan karena laptop yang digunakan untuk mendownload video tersebut tidak disita oleh JPU.

Aldwin berharap semoga dengan hasil persidangan hari ini semakin mendapatkan titik cerah yang membuktikan bahwa terdakwa tidak bersalah. Agenda sidang selanjutnya juga akan menghadirkan tiga orang saksi lainnya yang dihadirkan JPU dan akan dilaksanakan 25 Juli 2017.

 


BERITA LAINNYA:



Bantu Pengungsi Rohingya, DPU DT Kirimkan 15 Relawan
Petani Kopi Jawa Barat Antusias Ikuti Pelatihan Kewirausahaan
Jabar Resmi Bersaudara Dengan Wallonia, Belgia
Menginjak Usia 26 Tahun, PT Len Industri Terus Perbaiki Kinerja Perusahaan