Bentuk PRLIK, Ojk Gandeng Sejumlah Kampus di Tanah Air

Ekonomi 00026X

Bandung, -- Tingkatkan percepatan literasi dan inklusi keuangan di lingkungan Perguruan Tinggi, Otoritas Jasa Keuangan jalin kerjasama dengan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB). Kerjasama tersebut, di tandai dengan penandatangan Surat Pernyataan Bersama (SPB) oleh Kepala Departemen Literasi dan Inklusi Keuangan dan Dekan SBM ITB.

 

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen, Kusumaningtuti S. Soetiono mengatakan, ruang lingkup kerjsama ini diantaranya adalah Rencana pembentukan Pusat Riset Literasi dan Inklusi Keuangan (PRLIK), Penyelenggaraan kuliah umum secara regular, Pelaksanaan Focus Group Discussion (FGD) dan Pelaksanaan Kajian Literasi dan Inklusi Keuangan serta. Selain itu, imbuhnya, Outreach program melalui Training of Trainers tematik bagi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata serta Training of Communities perencanaan keuangan bagi masyarakat.

 

“Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat OJK dan SBM ITB akan meresmikan Pusat Riset Literasi dan Inklusi Keuangan (PRLIK)” Ujar Kusumaningtuti kepada wartawan seuasi melakukan SPB di Kampus SBM ITB, Senin (17/7).

 

Lebih jauh Kusumaningtuti keberadaan keberadaan PRLIK ini, diharapkan dapat menjadi ruang bagi para civitas akademika untuk berkontribusi dalam peningkatan literasi dan inklusi keuangan melalui kegiatan penelitian dan kajian ilmiah.

 

“Dukungan dan partisipasi dari civitas akademika diharapkan akan semakin mendukung terwujudnya kebijakan dan program kerja OJK yang lebih spesifik, tepat sasaran dan memiliki multiplier effect bagi kesejahteraan masyarakat dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia” Tegasnya.

 

Kedepan, imbuhnya, OJK akan terus mendorong terbentuknya PRLIK di berbagai Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta maupun bekerjasama dengan pihak ketiga lainnya. sejauh ini pihaknya sudah bekerja sama dengan Universitas Brawijaya dan Universitas Gadjah Mada.

 

“Dengan semakin bertambahnya PRLIK diberbagai daerah di Indonesia maka diharapkan dapat mendorong peningkatan literasi dan akses keuangan masyarakat” Pungkasnya.


BERITA LAINNYA:



15 Kabupaten/ Kota di Jabar, Masuk Ketegori Layak Anak
Laskar Naga Bonar Dukung Demiz Maju Dalam Pilgub 2018
DPD PKS Kota Bandung, Mulai Panaskan Mesin Politik
600 Ribu Sarjana Indonesia Menganggur