Bersabarlah Saat Melintasi Perlintasan KA

Ekonomi 00094X

Bandung,-- Tingginya trefik kendaraan di pintu perlintasan kereta api, tidak jarang membuat pengendara khususnya roda dua saling serobot jalur, sehingga meningkatkan resiko terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Atas dasar itulah Ditjen KA dan Daerah Operasi (Daop) 2 Bandung memasang spanduk keselamatan di 16 perlintasan yang rawan di wilayah daop 2 Bandung.

Yang menjadi sasaran dari kegiatan ini adalah manusianya yang masih kurang memiliki kesadaran disaat palang pintu sudah tertutup, masih banyak masyarakat yang memaksakan untuk menerobos" Ungkap Kepala PT Kereta Api (KAI) Daop 2 Bandung, Saridal kepada wartawan usai melakukan sosialsiasi di perlintasan kereta api Stasiun Andir, Senin (19/6).

Selain di perlintasan statsiun Andir, terang saridal, sosialisasi keselamatan di perlintasan ini juga dilakukan di perlintasan yang rawan seperti di perlintasan jalan kosambi dan perlintasan di jalan laswi.

“Keselamatan masyarakat menjadi yang paling utama. sehingga, kami akan terus melakukan sosialisasi ini," Pungkasnya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Manager Humas Daop 2 Bandung, Joni Martinus menambahkan, saat ini di wilayah daop 2 terdapat 533 perlintasan, yang terdiri dari 89 perlintasan resmi dijaga, 187 perlintasan resmi tidak di jaga dan 257 perlintasan tidak resmi atau liar.

“Kita berharap dengan pemasangan spanduk keselamatan ini, masyarakat peduli sehingga mampu menahan diri saat akan melewati perlintasan kereta api” Terangnya.

Joni menegaskan, aturan mengenai perlintasan ini sudah diatur dalam undang undang (UU) yaitu UU 23 tahun 2007, dan Peraturan Pemerintah (PP) 56 tahun 2009 pasal 78 tentang penyelenggaraan perkeretaapian.

“Disana sudah jelas dikatakan, untuk melindungi keselamatan dan kelancaran pengoperasian kereta api pada perpotongan sebidang, pemakai jalan wajib mendahulukan perjalanan kereta api. Kereta lewat kan tidak lama, bersabarlah, jangan gegabah, ingatlah orang orang tercinta menunggu dirumah” Pungkasnya.


BERITA LAINNYA:



Hari Zakat Nasional 2017, Fozwil Jabar Kampanyekan #SayaMuslimSayaBayarZakat
Daop 2 Bandung, Jalankan KA Tambahan Kelas Ekonomi Premium
MES Kota Bandung Ajak Dialog Balon Walikota
Kuota Haji Jabar Bertambah, Pelayanan Jemaah Harus Ditingkatkan