Cagub Jabar Harus Mampu Atasi Lima Masalah Ini

Politik 00143X

BANDUNG – Indo Barometer kembali melakukan survey di Jawa Barat terkait permasalahan daerah dan peluang calon gubernur (Cagub)  Jawa Barat 2018, pasca pemilu DKI Jakarta, di Hotel Savoy Homann Bandung, Selasa (6/6) siang.

Direktur Eksekutif Indo Barometer, M Qodari mengatakan, survei yang dilakukan di 27 kabupaten/kota se-Jawa Barat pada 17-23 Mei 2017 dengan jumlah responden 800 orang, margin of error 3,46 persen, dan tingkat kepercayaan 95 persen.

“Maksud dan tujuan survei untuk melihat dinamika permasalahan di Jawa Barat, pilihan calon gubernur, pilihan partai politik dan dinamika calon presiden serta isu-isu yang berkembang pasca pilkada DKI Jakarta,”kata Qodhari.

Dalam acara tersebut dipaparkan hasil survei yang memaparkan lima permasalahan terpenting di tingkat provinsi menurut publik dengan cara pertanyaan terbuka yakni, sulitnya lapangan pekerjaan sebanyak 23 persen, mahalnya harga kebutuhan pokok 17,9 persen, kondisi jalan yang buruk 12,9 persen, banyaknya warga miskin 11,3 persen dan kemacetan 5,3 persen.

“Kondisi ini mirip dengan survey pada Februari 2017 lalu, dimana lapangan pekerjaan 18,5 persen, naik 5 persen, dan mahalnya harga sembako 12,9 persen naik 5 persen,” tambah Qodhari.

Sedangkan tingkat kepuasan terhadap kinerja Ahmad Heryawan sebagai Gubernur adalah 52,6 persen. Sementara tingkat kepuasan terhadap Deddy Mizwar sebagai wakil gubernur adalah 42,7 persen.

“Dari sisi pilihan publik terhadap calon gubernur, survei dilakukan dengan sejumlah metode, mulai dari 16 nama, enam nama, hingga dua nama. Ada tiga nama yang bersaing menjadi pilihan publik dalam posisi teratas masing-masing Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi,” tutur Qodhari menjelaskan.

Ridwan Kamil, Deddy Mizwar, dan Dedi Mulyadi, masih menjadi nama calon gubernur yang paling banyak dipilih warga Jawa Barat dari hasil survei survei Indo Barometer. Abdullah Gymnastiar, Desy Ratnasari, dan Dede Yusuf pun masuk ke dalam deretan nama yang dikenal dan disukai warga Jawa Barat.( Zaira Farah Diba)


BERITA LAINNYA:



Tampil Di Istana Negara, MB Locomotive PT KAI Tampilkan Lagu Daerah Jabar
Baleno Generasi Keempat, The Complete Hatchback
Sambut HUT RI Ke-72, ITB 77 Luncurkan Buku Korporasi Tangguh Indonesia
Besok, Pemprov Jabar Gelar Apel Besar Hari Jadi Ke-72 Provinsi