Peringati Hari Hutan Indonesia, KoalisiPemudaHijau Indonesia Gelar Ku Lari KeHutan

Pendidikan 00027X

Bandung  – Memperingati Hari Hutan Indonesia, KoalisiPemudaHijau Indonesia bersama dengan Hutan Itu Indonesia kemarin mengajak para pemuda di Bandung untuk mengikuti kegiatan Ku Lari KeHutan yang diselenggarakan di halamn Student Center Telkom University, Bandung.

Kegiatan ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya hutan melalui cara asik, dimana setiap peserta yang berlari sejauh 6,4 kilometer akan memperoleh kesempatan untuk mengadopsi satu buah pohon hutan yang berlokasi di beberapa wilayah seperti di wilayah hutan Kalimantan dan Sumatera. Kegiatan pengadopsian pohon ini bekerjasama langsung dengan World Wildlife Fund for Nature (WWF) dan Warung Informasi dan Konservasi (WARSI). Nantinya, pohon yang telah teradopsi dapat dipantau langsung pertumbuhannya oleh para pengadopsi via aplikasi setiap beberapa bulansekali.

Acara lari kemarin diikuti oleh 63 orang peserta yang mayoritas adalah mahasiswa. Menurut Aan salah satu salah satu peserta mahasiswa yang ikut berpartisipasi kemarin, Ia tertarik mengikuti acara ini karena bermanfaat dan menjadi edukasi untuk mengajak masyarakat khususnya para pemuda untuk lebih mencintai hutannya.

Acara Ku Lari Ke Hutan dimulai dengan kegiatan warming up dan diakhiri dengan deklarasi yang menyatakan komitmen pemuda untuk terus terlibat dalam kegiatan perlindungan hutan.Kegiatan ini pun dihadiri oleh perwakilan dari WARSI dan WWF yang turut memberikan informasi mengenai lembaga masing-masing, serta kesan dan pesan pada acara ini. Mereka berharap agar semua yang ikut berpartisipasi lebih perduli terhadap hutan dan lingkungan kita dimulai dengan lingkungan paling dekat dan kebiasaan sehari-hari, seperti mengadopsi pohon di hutan melalui acara serupa. Askarinta Adi selaku perwakilan dari WARSI juga menyatakan bahwa dirinya sangat antusias dengan acara ini dan sangat megapresiasi acara seperti ini.

Dari kegiatan ini, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia cabang Jawa Barat berhasil mengadopsi 63 pohon yang akan disalurkan melalui program My Baby Tree WWF dan Pohon Asuh Warsi. Namun tidak berhenti disini, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia di provinsi-provinsi lainnya yakni di Jakarta, Semarang, Palangkaraya, Makassar, Surabaya dan Medan juga turut mengadakan kegiatan serupa dan menyumbang ratusan pohon lainnya.

Sebagai acara puncak, Hutan Itu Indonesia malam kemarin menyelenggarakan Musika Foresta di Balai Sarbini Jakarta untuk mengangkat isu-isu hutan melalui musik. Melalui serangkaian kegiatan ini, Koalisi Pemuda Hijau Indonesia beserta Hutan Itu Indonesia terus berharap agar masyarakat umum, terutama pemuda terus berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga hutan yang luasannya makin tergerus.


BERITA LAINNYA:



BNNP Jabar Musnahkan Ratusan Batang Teh Arab
Tiga Langkah Strategi BI Jabar Kendalikan Inflasi Ramadhan 2017
Jabar Raih Predikat Provinsi dengan Kinerja Terbaik
Tingkatkan Pelayanan, Pertamina Hadirkan SPBU Pasti Prima di Kota Bandung