Hadapi WannaCry, Microsoft Update Sistem Pengamanan Windows

Peristiwa 00174X

Serangan siber ransomware WannaCry sedang menjadi pembicaraan hangat di inudstri IT saat ini karena sukses telah melumpuhkan fasilitas kesehatan yang berbasis komputerisasi di dunia termasuk Inggris, Rusia dan Indonesia.

Serangan ransomware WannaCry pun hanya mengincar komputer yang masih menggunakan Windows XP. Padahal, Microsoft sudah tidak meluncurkan update terbaru termasuk sistem keamanan untuk Windows XP.

Microsoft pun langsung meluncurkan update darurat untuk Windows XP walaupun hal itu tidak lazim bagi Microsoft untuk memberikan perlindungan tambahan terhadap sistem operasi mereka yang sudah ketinggalan zaman.

Faktanya, masih sangat banyak pengguna yang menggunakan Windows XP, baik konsumen perorangan maupun korporasi. Pembaruan keamanan darurat itu akan menyasar pengguna Windows XP, Windows 8, dan Windows Server 2003. Sementara Windows 10 tidak terkena serangan tersebut.

“Melihat dampak serangan WannaCry yang besar, kami memutuskan untuk merilis pembaruan keamanan sesuai perjanjian tertentu (dengan pelanggan perusahaan),†kata Phillip Misner (Security Group Manager Microsoft) seperti dikutip dari The Verge.

Ada sebanyak 75 ribu komputer di 99 negara yang terkena serangan WannaCry. WannaCry mengunci komputer korban dan meminta uang tebusan senilai USD300 atau sekitarRp3,9 juta.

WannaCry juga menghantam Indonesia dan korbannya adalah Rumah Sakit Harapan Kita dan Rumah Sakit Dharmais.


BERITA LAINNYA:



Kebun Binatang Bandung, Lepasliarkan 40 Ekor Burung Jalak Kebo
Donasi Bike to Cook 2017, Dirikan Saung Baca Untuk Warga Cijaringao
KPID Jabar Anugerahi Gubernur Aher Kepala Daerah Peduli Penyiaran
Pemprov Jabar Gelontorkan Ratusan Milyar Untuk Program Sanitasi