FSP LEM SPSI Bandung Tagih Janji Disnaker Kota Bandung

Ekonomi 00140X

Bandung, -- Bertepatan dengan peringatan May Day yang diperingati pada setiap tanggal 1 Mei, sejumlah unsur buruh salah satunya dari DPC FSP LEM SPSI Kota Bandung, memanfaatkan moment tersebut untuk mengingatkan dan menagih janji dari pemerintah terhadap kaum buruh. Salah satunya adalah Upah Sektoral Kota Bandung (UMSK Bandung).

 

“Kami mendesak Walikota Bandung dan Kadisnaker untuk segera menyelesaikan penetapan UMSK 2017 Kota Bandung yang telah dijanjikan selesai satu bulan sejak bulan Februari 2017, sehingga UMSK 2017 Kota Bandung dapat di sahkan sebelum bulan Agustus 2017” Ujar Ketua DPC FSP LEM SPSI KOTA Bandung Misyadi Khaerun kepada wartawan. Sabtu (29/4).

 

Lebih jauh misyadi mengatakan, janji Kadisnaker tersebut saat ini telah memasuki bulan ketiga, namun belum nampak progresnya. Tentu sangat memperihatinkan, dimana Kota Bandung yang merupakan Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, pusat pendidikan, budaya, bisnis, dan kantor pusat Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sampai saat ini malah belum jelas progres pentahapan proses penetapan UMSK 2017 nya kalah dengan kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.


“Sesuai Undang-undang Ketenagakerjaan tahun 2003 dalam melaksanakan hubungan industrial, Pemerintah mempunyai fungsi menetapkan kebijakan, memberikan pelayanan, melaksanakan pengawasan, dan melakukan penindakan terhadap pelanggaran peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan” Terangnya.

 

Selain itu, imbuh Misyadi, hal lain yang belum memuaskan adalah terkait pelanggaran norma hubungan kerja seperti PKWT, Outsourcing, PHK sepihak, Union Busting, pelanggaran upah, pelanggaran hak normatif, pemagangan dan lain sebagainya dalam hubungan industrial.


“Kami akan memusatkan kegiatan Mey Day di Balaikota dan Gedung Sate dengan mengusung issue segera diberlakukannya UMSK Tahun 2017 di Kota Bandung, peningkatan pelayanan dan penegakan hukum berburuhan dan pemberlakuan struktur serta skala upah sesuai dengan permenaker RI Nmor 1 Tahun 2017” Pungkasnya.


BERITA LAINNYA:



Kebun Binatang Bandung, Lepasliarkan 40 Ekor Burung Jalak Kebo
Donasi Bike to Cook 2017, Dirikan Saung Baca Untuk Warga Cijaringao
KPID Jabar Anugerahi Gubernur Aher Kepala Daerah Peduli Penyiaran
Pemprov Jabar Gelontorkan Ratusan Milyar Untuk Program Sanitasi