UPZ UNPAD Kembangkan Program Afirmasi Zakat

Pendidikan 00114X

Bandung, -- Dengan penduduk mayoritas muslim, Indonesia memiliki potenzi zakat yang sangat besar. Namun hingga saat ini, belum banyak perguruan tinggi negeri badan hukum yang turut serta dalam mengelola zakat secara mandiri.

Di Jabar, salah satu perguruan negeri badan hukum yang telah memiliki pengelola zakat adalah Universitas Padjajaran (UNPAD). Dimana para pengurusnya telah dikukuhkan oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jabar, dan diperkuat kedudukannya dengan SK Rektor Nomor 1182/UN.RKT/KEP/HK2016.

“secara khusu, UPZ Unpad merupakan pelaksana zakat yang menghimpun zakat, infak/sedekah untuk kemudian didayagunakan melalui sistem satu pintu” Ujar Ketua UPZ unpad, Gigin K Basar saat melakukan sosialisasi SK Rektor tentang Zakat di lingkungan unpad. Kamis (16/3).

Lebih jauh ia mengatakan, unit ini selain bertujuan meningkatkan efektivitas dan efisien pelayanan pengelolaan zakat serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Juga melakukan sosialisasi, edukasi dan konsultasi zakat kepada para wajib zakat (muzaki).

“Saat ini, kami sedang mendata para pegawai untuk medapatkan nomor pokok wajib zakat (NPWZ) dan tengah mematangkan rencana afirmasi zakat fitrah bersama dengan rektorat.“ Ujarnya.

Ia menambahkan, dengan mendapatkan NPWZ dan masuk ke dalam program afirmasi zakat, maka warga unpad setiap bulannya akan melakukan penghimpunan zakat dengan sumber dari gaji pokok per bulan.

“dengan peta jalan UPZ unpad 2016-2020 yang telah disusun, diharapkan bisa menjadi standar acuab pengelolaan unit pengumpulan zakat di perguruan tinggi terutama di PTN Badan Hukum pada 2020 mendatang” Pungkasnya.


BERITA LAINNYA:



Kebun Binatang Bandung, Lepasliarkan 40 Ekor Burung Jalak Kebo
Donasi Bike to Cook 2017, Dirikan Saung Baca Untuk Warga Cijaringao
KPID Jabar Anugerahi Gubernur Aher Kepala Daerah Peduli Penyiaran
Pemprov Jabar Gelontorkan Ratusan Milyar Untuk Program Sanitasi