Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan berfoto dengan siswa-soswi SMAN 6 Bandung

Serap Aspirasi, Aher Kunjungi SMU/ SMK di Bandung

Pendidikan 00102X

BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meninjau ke sejumlah SMU dan SMK di Kota Bandung guna mengetahui kondisi sekolah pasca dilimpahkannya kewenangan ke Pemerintah Provinsi.

Pada tinjauannya ke SMUN 6, SMKN 6 dan SMUN 27 Bandung, Aher ingin memastikan bahwa fasilitas sekolah seperti laboratorium, ruang kelas, ruang praktek hingga tempat ibadah memadai dan representatif. Selain itu Ia pun berkesempatan berdialog dengan para guru dan murid untuk menyerap aspirasi mereka.

"Kita mulai akan banyak meninjau ke sekolah-sekolah di seluruh Jabar. Dengan cara jalan-jalan seperti ini kita bisa mengetahui permasalahan mereka," kata Aher di SMKN 6 Bandung, Jumat (17/2/17).

Aher berharap, setelah SMU/ SMK dikelola Provinsi per 1 Januari 2017 lalu, kualitas pendidikan menjadi lebih meningkat. Pemprov Jabar juga akan mengakselerasi torehan prestasi sekolah saat dikelola oleh Kabupaten Kota.

"Saya berterima kasih kepada seluruh Bupati/ Walikota yang sudah melaksanakan tugas mengelola SMU/ SMK dengan baik, kami Provinsi melanjutkan, mudah-mudahan lebih baik lagi," tutur Aher.

Aher melanjutkan, saat peninjauannya di ruang praktek SMKN 6, ada siswa yang mengeluh kepadanya karena alat praktek berupa mesin otomotif tidak berjalan dengan baik. 

"Aspirasi mereka tadi mesinnya ada yang kurang, ini kan harus kita respon segera. Hak mereka harus terpenuhi agar masa depannya terjamin," ungkapnya.

Setelah dikelola Provinsi, anggaran untuk peningkatan fasilitas sekolah telah disiapkan sesuai dengan kebutuhan. Sebab untuk anggaran, kali ini langsung menggunakan anggaran belanja daerah Pemprov Jabar dan tak lagi menggunakan bantuan keuangan untuk Kabupaten/ Kota.

"Kalau ada kekurangan kan sekarang kita pakai belanja langsung bukan dana bantuan keuangan lagi saat dikelola Kokab," tuturnya.

Rencananya, Aher bersama jajarannya akan kembali memantau sekolah-sekolah walaupun harus berbarengan dengan agenda kerja lainnya.

"Setiap saya ke daerah akan kita sempatkan menengok sekolah. Hari-hari kedepan juga kita akan ke Subang ya melihat SMU pertanian terbesar disana," pungkasnya.


BERITA LAINNYA:



15 Kabupaten/ Kota di Jabar, Masuk Ketegori Layak Anak
Laskar Naga Bonar Dukung Demiz Maju Dalam Pilgub 2018
DPD PKS Kota Bandung, Mulai Panaskan Mesin Politik
600 Ribu Sarjana Indonesia Menganggur