Peluang Menempuh Pendidikan di Amerika, Masih Terbuka Lebar

Pendidikan 00133X

Bandung, -- Data dari konsulat Amerika Serikat menunjukan bahwa pertumbuhan mahasiswa Indonesia di Amerika mencapai 5% setiap tahunya. Umumnya mahasiswa asal Indonesia memilih melanjutkan studi di Amerika berdasarkan potensi sekolah, dengan harapan masa depan memperoleh masa depan yang lebih baik.

Banyak hal yang harus dipersiapkan untuk bisa berstudi di Amerika, salah satunya dengan melalui suatu lembaga pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan tersebut adalah Elite Educational Institute yang berbasis di California, Amerika Serikat.

Vice President Internasional Operation Elite Education Grup, Edward Kim mengatakan, pihaknya hadir untuk memberikan konsultasi mahasiswa bisa dipastikan untuk kuliah di perguruan tinggi. Untuk bisa masuk dalam 5 perguruan tinggi favorit, terangnya, minimal calon mahasiswa sudah harus melakukan persiapan antara 2 hingga 3 tahun sebelumnya.

“Kebanyakan mahasiswa dari Indonesia yang akan belajar ke Amerika umumnya mencari yang levelnya dibawah, sebab memang mencari universitas yang mudah untuk dimasuki bukan yang top 10” Ujarnya kepada wartawan disela sela college preparation and studies in U.S. Kamis (26/1).

Kebanyakan, ungkapnya, mahasiswa Indonesia jika kuliah keluar negeri mencari yang mudah dan murah. Sejumlah negara yang banyak diminati oleh mahasiswa Indonesia, ungkapnya, diataranya adalah Australia dan Newzealand, karena kedua negara tersebut mudah dan murah untuk dimasuki.

"Ini menunjukkan, calon mahasiswa Indonesia banyak yang tak siap untuk masuk ke perguruan tinggi," Terangnya.

Ia menuturkan, banyak yang datang ke pihaknya untuk melakukan konsultasi adalah grade 11, jadi tidak bisa berbuat banyak. Namum, imbuhnya, kondisi tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia tapi (terjadi juga) di semua negara persiapannya sama, kebanyakan mereka terlambat untuk melakukan persiapan.

“Kemampuan akademik harus disiapkan dengan matang, karena semua calon mahasiswa dari berbagai negara punya kesempatan yang sama untuk membangun keterampilan” Ungkapnya.

Kedepan, tuturnya, pihkanya akan membuka pusat bimbingan dari mulai sekolah dasar. Perbedaanya, antara elite dengan home schooling adalah kemampuan yang ada di anak. Mereka akan dipersiapkan dengan matang karena lembaganya sangat berkualitas dan sudah dikenal masyarakat luas bahkan oleh departemen pendidikan di Amerika. Sehingga, dengan memiliki sertifikat kompetisi elite internasional akan menjadi benefit tersendiri bagi peserta yang akan mendaftar sekolah di Amerika.

"Itu jadi keuntungan bagi kami karena lebih tahu kurikulum Amerika. Jadi, bisa membangun untuk generasi sukses" Pungkasnya.


BERITA LAINNYA:



BNNP Jabar Musnahkan Ratusan Batang Teh Arab
Tiga Langkah Strategi BI Jabar Kendalikan Inflasi Ramadhan 2017
Jabar Raih Predikat Provinsi dengan Kinerja Terbaik
Tingkatkan Pelayanan, Pertamina Hadirkan SPBU Pasti Prima di Kota Bandung