NEWS

Dolar Menguat di Tengah Investor Waspada pada Hasil Pertemuan AS-China : Okezone Economy

NEW YORK – Dolar Amerika Serikat (AS) mengalami kenaikan pada penutupan perdagangan hari Senin (14/10/2019) waktu setempat. Hal ini dikarenakan investor mencari aset yang lebih aman saat mereka waspada akan kesepakatan perdagangan AS-China yang komprehensif.

Sebelumnya, dolar anjlok pada pekal lalu karena optimisme kesepakatan perdagangan dapat tercapai. Namun, sentimen tersebut juga ditimpa akan dimulainya kembali pembicaraan Brexit antara Uni Eropa dan Inggris membuat investor beralih ke aset berisiko.

 Baca juga: Dolar AS Melemah karena Brexit

Presiden A.S. Donald Trump mengatakan pada hari Jumat bahwa Washington dan Beijing telah mencapai kesepakatan perdagangan Fase pertama. Tetapi pada hari Senin mata uang AS kembali tenang karena investor berubah sedikit berhati-hati.

 

Analis mengatakan kesepakatan parsial antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia tampaknya kurang substansi dengan kemajuan terbatas pada masalah struktural seperti transfer teknologi.

 Baca juga: Pertemuan AS-China Picu Penguatan Dolar

Dolar naik 0,2% terhadap sekeranjang mata uang menjadi USD98,517. Euro turun 0,2% menjadi USD1,1014.

Namun, mata uang AS tersebut jatuh terhadap Yen Jepang. Yen dianggap sebagai mata uang safe haven dikarenakan kegugupan investor tentang optimisme kesepakatan perdagangan pada hari Senin.

 Baca juga; Dolar AS Tertekan Perang Dagang 15 Bulan

Manuel Oliveri, seorang analis di Credit Agricole mengatakan pengumuman sejauh ini tidak berarti “kesepakatan perdagangan berbasis luas” yang akan membenarkan optimisme pasar minggu lalu.

(rzy)

Okezone

Show More

Related Articles

Close
Close