NEWS

Disdik Majalengka Bakar Ratusan Lembar Ijazah

Inin NastainDisdik Majalengka Bakar Ratusan Lembar Ijazah
Sebanyak 527 lembar berkas ijazah dimusnahkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Majalengka, Senin (13/5/2019) sore. Foto/SINDOnews/Inin Nastain

MAJALENGKA – Sebanyak 527 lembar berkas ijazah dimusnahkan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Majalengka, Senin (13/5/2019) sore. Pemusnahan disaksikan pihak kepolisian.

Kabid SMP Disdik Majalengka Heri Rahyubi mengatakan, ribuan lembar dokumen tersebut sengaja dibakar setelah dipastikan tidak bisa digunakan. Berkas yang dibakar itu terdiri dari 451 lembar blanko ijazah dan 76 berkas ijazah yang di dalamnya terdapat kesalahan penulisan. “Jadi jumlah yang kami musnahkan sebanyak 527 lembar,” kata Heri saat memimpin pemusnahan.

Dengan dilakukannya pemusnahan, diharapkan akan menutup peluang adanya ijazah-ijazah palsu di Kabupaten Majalengka. “Tujuannya, salah satunya tidak terjadi pemalsuan ijazah. Ini instruksi dari Kemendikbud. Ini ijazah tahun 2017/2018 untuk tingkat SMP,” jelas dia.

Pemusnahan ijazah tidak terpakai tersebut, pertama kalinya dilakukan Disdik Majalengka. Sebelumnya, sejak tahun ajaran 2016/2017 ke bawah, ketika ada kelebihan blanko atau kesalahan, dikembalikan ke Disdik tingkat Provinsi.  “Kami juga menyangkanya (pemusnahan) di provinsi atau pusat. Ternyata di sini, di Dinas Pendidikan kabupaten masing-masing,” katanya.

(zik)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)

sindonews.com

Show More

Related Articles

Close
Close