NEWS

Siapa Saja yang Berhasil Menginjakkan Kaki di Bulan? : Okezone News

JAKARTA – Walaupun kamu tidak lahir pada 20 Juli 1969, tapi kamu bisa melihat rekaman seorang astronot Neil Amstrong yang berhasil mendarat di bulan untuk pertama kalinya.

 Baca Juga: Neil Armstrong Diklaim Bukan Astronot Pertama ke Bulan, Kok Bisa?

Buzz Aldrin adalah salah satu orang yang membantu Neil Amstrong menanamkan bendera Amerika di permukaan bulan. Mungkin banyak dari kalian yang penasaran bahwa ada berapa banyak misi dan berapa banyak orang yang pernah ke Bulan.

Melansir dari Britannica, Minggu (13/10/2019) Selama sembilan misi Apollo, ada 24 astronot yang berhasil pergi ke bulan dan 12 dari mereka memiliki kesempatan untuk berjalan di permukaan bulan.

 Baca Juga: Alasan Manusia Tak Mendarat Lagi di Bulan

Pada 1961, setelah Uni Soviet mengirim menusia pertama ke luar angkasa, Yuri Gagarin untuk mengorbit bumi, Pres. John F. Kennedy juga mengumumkan bahwa Amerika Serikat akan mengirim orang pertama ke Bulan pada akhir dekade saat itu. NASA kemudian memulai serangkaian misi uji coba dimulai dengan Merkurius yang berhasil menerbangkan enam pesawat dan masing-masing diisi satu orang pada 1961-1963. Hal ini dilakukan juga untuk melihat gambaran tentang bagaimana manusia bisa bertahan di luar angkasa.

Kemudian Gemini, mereka berhasil menerbangkan dua pesawat luar angkasa tanpa awak dan berisi 10 orang pada 1964-1966. Mereka diutus ke Bulan untuk membantu mengembangkan teknik untuk pendaratan di Bulan dan berhasil mencapai puncaknya dengan program Apollo pada 1966-1972.

 Bulan

Apollo memulai dengan serangkaian penerbangan tanpa awak yang mengorbit Bumi. Pada 1968 Apollo 7 merupakan pesawat luar angkasa yang memiliki awak pertama dari program tersebut dan mampu mengorbit Bumi selama 163 kali untuk menguji peralatan.

Pada Apollo 8 yang hadir saat 21-27 Desember 1968 merupakan misi kru pertama yang menyelesaikan orbit bulan dan kembali dengan selamat ke Bumi. Tiga orang awaknya bernama William Anders, Frank Borman dan Jim Lovell yang merupakan tiga orang pertama yang pergi ke Bulan meskipun tidak mendarat.

Mereka juga diikuti oleh Thomas Stafford, John W. Young dan Eugene Cernan, mereka adalah tiga anggota Apollo 10 pada 18=26 Mei 1969. Mereka memiliki misi yang dianggap sebagai gladi resik untuk mendarat di Bulan.

Cernan dan Stafford mengemudikan Modul Lunar dekat permukaan Bulan, sementara Young tetap berada di Modul Komando untuk mengorbit Bulan dan mengatur rutin yang akan diikuti oleh misi Apollo berikutnya.

Setelah itu datanglah Apollo 11 dengan pendaratan di Bulan pertama, dimana Neil Amstrong menjadi orang yang beruntung karena menjadi orang pertama yang dapat berjalan di Bulan setelah itu datanglah Buzz Aldrin yang ikut berjalan di permukaan bulan, sementara Michael Collins tetap di Modul Peintah yang mengorbit Bulan, Collins juga disbeut sebagai orang kesembilan yang mencapai tetangga terdekat Bumi.

 Bulan

Lalu saat Apollo 12 pada 14-24 November 1969 hadir, datanglah Pete Condrad dan Alan Bean yang menghabiskan hampir 32 jam di permukaan Bulan, sementara Richard F. Gordon mengawaki Modul Perintah di orbit Bulan.

Apollo 13 pada 11-17 April 1970 dimaksudkan untuk menjadi misi rutin ke Bulan, tetapi sebuah tangki oksigen meledak dua hari setelah peluncuran dan rencana untuk medarat dengan cepat dibatalkan. Meski begitu, untuk kembali ke Bumi, pesawat luar angkasa perlu mengorbit ke Bulan. Tiga anggota, Jim Lovell, Fred Haise dan Jack Swigert menutup modul perintah untuk menghemat energi dan pindah ke Modul Lunar sbeagai sekoci darurat.

Mereka menghabiskan hampir empat hari di orbit Bulan dengan tingkat karbondiaoksida yang tinggi, sedikit panas dan persediaan makanan & air tidak mencukupiu. Namun, setelah itu, para kru berhasil kembali dengan selamat ke Bumi.

Pada Apollo 14 ada kabar kurang menggembirakan, namun belum bisa dipastikan apa alasannya. Alan Shepard yang merupakan astronot pertama Amerika Serikat dan melakukan perjalanan luar angkasa dengan Freedom 7 pada 1961 dan menjadi ornag kelima yang berkesempatan untuk jalan di Bulan.

Akhir dari program Apollo tiba ketika minat publik berkurang dan dana kongres dimanfaatkan untuk hal lain. Sejak itu tidak ada negara lain yang mengirim misi awak ke Bulan. NASA bergerak menunju program yang lebih sederhana dan mulai menyeleksi kelompok astronotnya pada akhir 1970-an

Dengan begitu, tidak ada wanita atau masyarakat kulit gelap yang memiliki kesempatan untuk melakukan perjalanan, apalagi berjalan ke Bulan. Satu-satunya manusia yang telah ada di sana sejauh ini adalah klub eksklusif yang terdiri dari 24 pria kulit putih dari Amerika Serikat.


Okezone

Show More

Related Articles

Close
Close